Kalsel Miliki Potensi Perikanan dan Kelautan

Banjarmasin, KP – Kalsel memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup besar, untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.
“Kita memiliki potensi kelautan dan perikanan yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, H Hamsyuri kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.
Hal ini terlihat dari hamparan danau ataupun rawa monoton di daerah Hulu Sungai, yang merupakan potensi perikanan air tawar yang bisa dikelola bagi kesejahteraan masyarakat.
“Kawasan danau atau rawa monoton di daerah hulu sungai itu bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat asalkan dikelola dengan baik,’’ ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Ditambahkan, jika tidak memungkinkan untuk usaha perikanan, maka kawasan tersebut bisa dialihkan pada perkebunan kelapa sawit.
”Namun semua usaha itu harus mendatang kesejahteraan bagi penduduk setempat,’’ tambah Hamsyuri.
Contoh lain, di Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang berada di wilayah timur Kalsel memiliki garis pantai laut yan cukup panjang.
Apalagi pantai tersebut ke selatan menyatu dengan Laut Jawa dan ke timur menyatu dengan Selat Makassar dan Laut Sulawesi.
“Tiga kabupaten di wilayah timur Kalsel itu memiliki sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup potensial,’’ jelasnya.
Apalagi potensi sumber daya perikanan dan kelautan pada tiga kabupaten di wilayah timur Kalsel tersebut belum tergali atau termanfaatkan secara maksimal.
”Nanti akan kita bicarakan dengan eksekutif, agar potensi sumber daya perinakan dan keluatan di Kalsel bisa tergali atau termanfaatkan maksimal untuk kemakmuran rakyat,’’ tambah politisi yang suka bercanda ini.Karena, eksekutif yang berwenang melakukan eksekusi perencanaan pembangunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 15, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: