Banjarmasin Bangun Jembatan Alternatif ke Sungai Andai

Banjarmasin, KP – Menyusul semakin pesatnya perkembangan pemukiman baru Sungai Andai Banjarmasin Utara, akhirnya mendorong Pemko Banjarmasin untuk segera menambah sarana umum dengan membangun jalan dan jembatan alternatif.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi arus kemacetan dan  untuk memecah arus kawasan tersebut kian hari tak bertambah padat. Karena itu oihaknya  tidak heran jika kawasan tersebut juga hampir sepanjang hari terjadi kemacetan.

Kondisi tersebut telah menjadi perhatian Pemko Banjarmasin. Sebab melalui APBD 2013 hingga 2015, Pemko melalui Dinas Bina Marga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan.

“Idelanya memang pemabngunan jalan dan jembatan sudah dibangun secara bertahap mulai 2013 tadi,”ungkap Kadis Bina Marga Banjarmasin, Ir H Gusti Ridwan Sofyani kepada {[wartawan]}, di Banjarmasin, kemarin.

Dikatakan, untuk pembangunan jalan tahun ini prosesnya sudah pengerasan atau pengamparan batu-batu, sehingga dipastikan pada tahun depan akan dilakukan pengaspalan. Sementara untuk pembangunan jembatan, pihaknya membangun empat jembatan bo berukuran lebar 10 meter.
“Jadi untuk pembanguan jembatan itu, semuanya sebesar Rp 4 Miliaran,”katanya.

Ia juga menambahkan pembangunan jalan alternative berikut jembatannya di kawasan tersebut  sebagai upaya mengurangi kemacatan di kawasan pemukiman baru tersebut. Jalan dan jembatan alterative tersebut dibangun di titik lain yang aksesnya tembus ke Kayu Tangi dan Sungai Ranggas.

Selain melakukan pelebaran jalan, Pemko Banjarmasin pun juga akan melakukan pelebaran Simpangan Sungai Andai tersebut. Saat ini proses tersebut mulai memasuki tahap negosiasi pembebasan lahan.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 15, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: