Renovasi Pembangunan Pasar Pekaumnan Desember Rampung

Banjarmasin, KP – Kegiatan renovasi bangunan Pasar Pekauman, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang akan dilakukan Dinas Pengelolaan Pasar Banjarmasin, ditargetkan dapat selesai pada bulan akhir Desember 2013 nanti.

“Kalau bulan Desember selesai tentunya diharapkan bulan Januari, sudah bisa ditempati, sehingga para pedagang diharapkan bersabar berjualan di lokasi penampungan,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Drs H Hermansyah, kepada {{wartawan]}, belum lama ini.

 

Menurut mantan Camat Banjaramsin Tengah ini, renovasi atau perombakan total pasar tradisional tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar 4 bulan dimulai dari sekarang, dengan total nilai anggaran mencapai Rp1,6 miliar.“ Nantinya didesain layaknya pasar modern, sehingga  tidak lagi kumuh seperti itu,” ungkap Herman.

 

Dikatakan Herman, selama proses pekerjaan, para pedagang yang jumlahnya mencapai 400 lebih lapak tersebut, akan dipindahkan disekitar lokasi yang sama didua titik berbeda yakni sebagian dilapak pasar kapuk dan sebagian lagi disekitar lapangan basket Jalan RK Ilir Banjarmasin.

 

“Insya Allah semuanya bisa ditampung disana, jadi tidak perlu kuatir lagi karena selama pelaksanaan renovasi diharapkan semua bisa berjalan dengan baik dan lancar, ” katanya.

 

Bahkan, Herman juga berharap, selama proses pembangunan berlangsung, tidak ada kendala berarti yang dihadapi, kendati untuk sementara pedagang dan pengunjung harus bersabar. “Yang penting nanti hasilnya baik, jadi bisa nyaman untuk ditempati lagi,” ucapnya.

 

Sebelumnya, sekitar 450 orang pedagang Pasar Pekauman Banjarmasin Selatan, rencananya akan dipindahkan kelokasi penampungan sementara,  pada tahun ini. Pemindahan menyusul rencana renovasi atau pembangunan kembali pasar tersebut, yang dinilai sudah tidak layak lagi.

 

“Pokoknya semua pedagang akan menempat bangunan penampungan sementara, yang lokasinya  akan segera ditentukan,” ujar  Herman Lagi.

 

Bahkan,  sekarang ini pihaknya masih menggelar rapat, bersama sejumlah SKPD terkait lainnya termasuk Camat, Lurah dan RT setempat. Guna membahas teknis dan cara pemindahan serta lokasi relokasi yang diinginkan. “Kita mau sosialisasikan dulu, untuk persiapan penampungan,” paparnya.

Kemudian, lanjut Herman, terkait lokasi lahan untuk penampungan sementara tersebut, dimungkinkan akan ada dua alternative yakni, pertama lahan eks lokasi lapangan basket dan pasar kapuk atau jalan RK Ilir, serta yang kedua, lahan milik Pemko setempat  Eks Rumah Sakit Pura Raharja.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: