Pemotongan Ayam di Gang Sempuran ‘Disoal’ Lagi

Banjarmasin, KP – Kegiatan pemotongan ayam di Gang Sampurna Ujung Jalan Sejahtera, Kelayan A Luar, yang sebelumnya berhenti kini mulai aktifitas lagi. Karena itulah warga yang tinggal di kawasan tersebut kembali mengadu untuk bertemu Walikota Banjarmasin Muhidin, di ruang kerjanya, Rabu (4/9).

Dari pengakuan Hasby, mereka mengaku terganggu dengan adanya tempat pemotongan ayam yang seharusnya sudah pindah di Rumah Potong Ayam, Komplek Basirih Banjarmasin. Warga Gg Sempurna marah, karena bau, suara berisik hingga rusaknya jalan karena keluar masuknya mobil angkutan ayam.

 

“Kami sudah puluhan kali menolak, dan meminta pihak terkait menutup tempat tersebut,” ujar Hasby juru bicara warga Kelayan A Luar ini, saat menyampaikan laporannya dihadapan Muhudin.

Bahkan, ia mengancam akan mogok jika dua tempat pemotongan ayam milik H Basir dan H Amat menjadi pemicu, pengusaha pemotongan ayam lain membuka usaha di lokasi yang sudah lama ditinggalkan tersebut.

Walikota H Muhidin menanggapi keluhan tersebut meminta, warga secara tertulis menyampaikan laporan disertai tanda tangan ketua RT, RW dan tokoh masyarakat yang tidak mengijinkan tempat pemotongan ayam. Sebab, pemotongan sekala besar sudah dpindakan di Rumah Potong Unggas (RPU) Mantuil Banjarmasin.

 

Jadi, ujar Muhidin, dia tidak mau gegabah menindak, sebelum ada laporan tertulis, dan tanpa ada bukti kalau rumah di Gang Sampurna Ujung itu melakukan aktivitas pemotongan ayam skala besar.

 

“Laporan ini kita lihat dulu, saya tidak ingin ada kecemburuan pengusaha yang lain, kalau terus dibiarkan. Tetapi kalau ada buktinya melakukan pemotongan skala besar itu jelas melanggar Perda,” ucap Petinggi Pemko Banjarmasin ini.

 

Sementara itu, Kabid Pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Drs H Anwar Ziadi mengatakan, Rumah Pemotongan Hewan (RPU) Mantuil yang disediakan khusus sebagai wadah potong ayam belum rampungnya sepenuhnya. “Saat ini memang ada 30 blok yang disiapkan,’’katanya.

 

Ia mengakui, dua pemilik tempat pemotongan ayam di Gang Sampurna Ujung H Basir dan H Amat sudah mendapatkan RPU di Mantuil. Ia memang menerima laporan ada kegiatan pemotongan di wilayah tersebut. Namun, belum diketahui secara pasti, karena pemotongan ayam yang dilakukan tersebut skala besar. “Kalau memang begitu akan kita berikan surat teguran,” Kabid Pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Drs H Anwar Ziadi

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: