PBB dan PBR Terkendala Cairkan Dana Parpol

Banjarmasin, KP – Partai Politik Bintang Repormasi (PBR) dan Partai Bulan Bintang (PBB) sampai sekarang masih terkendala cairkan dana bantuan partai politik. Hal ini dikarenakan semua parpol yang mendapatkan dana bantuan parpol pertahun wajib mempertanggung jawabkan dana tersebut setiap tahunnya.

“Hingga sekarang memang ada dua Parpol yang belum bisa memenuhi kewajiban administrasinya,’’kata Kepala Kesbangpol Banjarmasin Drs H Hermansyahkepada {[wartawan]}, di Banjarmasin, di sela-sela Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pelajar SLTA Sederazat Dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Politik Bagi Pemula, di Aula Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin, Rabu (4/9)..

 

Kedua parpol yang belum memberikan laporan pertanggung jawabkan dana bantuan tersebut masing-masing, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Bintang Reformasi (PBR).

 

Hermansyah juga mengatakan, belum adanya laporan pertanggung jawaban keuangan itu berdasar temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Herman juga mengatakan hingga akhir tahun kepada dua parpol itu untuk segera menyampaikan laporan keuangan atas dana bantuan tersebut.

 

“Konsekuensinya dua parpol itu tidak akan mendapatkan bantuan dana, jika sampai Desember tak menyampaikan laporan keuangan,” ucapnya.

 

Hermansyah mengungkapkan, setiap tahunnya dikeluarkan bantuan parpol sebesar Rp 813.728.076. Dengan rincian Partai Demokrat Rp 196.019.926, PBR Rp 99.276.499, Golkar Rp 93.660.970, PKS Rp 87.754.157, PPP Rp 72.175.050, PAN Rp 68.311.818, PDIP Rp 63.208.803, Hanura Rp 35.204.903, Gerindra Rp 30.632.837, PBB Rp 30.101.888, PKB Rp 25.655.185, dan terakhir PKPB Rp 11.725.135.

 

Sedangkan, tambahnya, sosialisasi untuk pelajar SLTA ini untuk memberikan pendidikan, dan meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Sosialisasi diikuti, pelajar kelas 3 MAN 1, MAN 3, SMKN 1, dan SMA Muhammadiyah.

 

Walikota Banjarmasin H Muhidin meminta supaya pemilih pemula bisa menentukan  figur pimpinan yang diinginkannya dan kalau bisa para pelajar jangan sampai  tak memilih atau masuk gololongan putih (golput) .
“Kita bersama-sama untuk bisa mengajak para pelajar dan seluruh pemuda untuk bisa ikut serta andil pelaksaan pembangunan kedepan guna menentukan para pimpinan dengan menyalurkan aspirasi kepada masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya,”kata Walikota Banjarmasin H Muhidin di sela-sela Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pelajar SLTA Sederazat Dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Politik Bagi Pemula.
Muhidin juga mengatakan  kalau ada pelajar atau pemuda tak memilih akan merugikan daerah Banjarmasin sendiri, karena melalui kegiatan ini diharapkan bisa menentukan pimpinan dan arah pembangunan kepan.

 

Pengamat Politik H Muhammad  Effendy mengaharapkan pemilih jangan ada yang golput sampai mencapai 30 persen dan meminta seseorang yang duduk ngak tahu-tahu masyarakat tetapi jika parak waktunyan jangan dipilih lagi, kalau kadak herani masyarakat dipilih  pilihlah yang Amanah.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Kabupaten Drs H Bambang Budianto MSi mengatakan pentingnya partisipasi dalam pemilu legislatif maupun Presiden dan Pimpinan Daerah  2014 mendatang, karena suara adik-adik sekalian dapat menentukan masa depan bangsa dan daerah kota di Banjarmasin

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Satu Tanggapan to “PBB dan PBR Terkendala Cairkan Dana Parpol”

  1. Reblogged this on ridhotayl.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: