Muhidin Pastikan RS Banjarmasin Mulai di Bangun 2014

Banjarmasin, KP – Walikota Banjarmasin H Muhidin memastikan pembangunan Rumah Sakit milik daerah Kota Banjarmasin yang berlokasi di RK Ilir tepatnya di eks lahan Gudang 5, Kecamatan Banjarmasin Selatan dipastikan akan dibangun tahun 2014.
“Kita sekarang masih mempersiapkan masterplan dan diharapkan 2014 sudah mulai bisa dibangun, karena memang rumah sakit sangat diperlukan warga dan sekarang memang bangunan rumah sakit sanngat diperlukan,’’ungkap Walikota Banjarmasin H Muhidin kepada {[wartawan]}, di Banjarmasin, belum lama ini.

Muhidin juga mengakui memang keinginan Pemko Banjarmasin memiliki rumah sakit sudah bulat dan diharapkan pembangunan yang sudah menjadi skalaprioritas ini bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Karena memang pada kenyataanya jumlah rumah sakit di Banjarmasin kadang-kadang pada waktu atau musim terteyntu, semua ruangan penuh manakala ada yang mendadak warga masuk rumah sakit hingga ada yang masuk daftar tunggu dan ini ngak boleh terjadi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati mengatakan bahwa lelang masterplan RS Pemko sudah masuk proses pengajuan, tinggal menunggu pemenangnya saja lagi.

“Anggarannya pada kita, tetapi proses kesananya ada pokja-pokjanya lagi, sekitar Rp 300 juta untuk proyek masterplan ini,” ujar Diah R Praswati kepada {{wartawan}},  Rabu lalu sambil mengira-ngira  sedikit lupa karena anggarannya karena mengaku lupa angka pastinya.

Jadi, kata Diah, lelang masterplan sebagai syarat awal suksesnya pembangunan RS ini bisa berlangsung lancar dan tepat waktu. Karena tidak ada kendala yang berarti lagi untuk tertundan kembali.“Kalau dulu kan ada kendala lahan yang belum siap, sekarang sudah siap,” ucapnya.

Diah memaparkan, rencana awal tahun 2014 nanti, pembangunan bagian pondasi sudah bisa dilakukan, dan terus berlangsung ketahun seterusnya, hingga 5 tahun kedepan RS Pemko rampung. “Pas kan rencananya pada 2019 nanti, seluruh masyarakat dijamin kesehatannya oleh negara,” ungkapnya.

Saat ini juga, kata Diah, jumlah ruangan RS dan tempat tidur pasein yang ada di Banjarmasin ini baik RS milik pemerintah dan swasta masih belum mencukupi dan cukup banyak kurang. “Sehingga pas juga, Pemkot membangun RS ini,” ungkapnya.

Jadi, katanya, yang terlebih penting, RS Pemko ini bisa mengakomudir dan melayani seluruh warga Kota Banjarmasin, utamanya warga yang tidak mampu, baik Jamkesda mapun Jamkesmas. “Pembangunan RS ini tujuan utamanya memberikan pelayanan yang standar dan maksimal bagi kesehatan masyarakat Banjarmasin,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Pemko Banjarmasin telah mengeluarkan sekitar Rp 27 miliar untuk membebaskan lahan eks Gudang 5 RK Ilir yang berada di pinggir sungai Martapura.

Lahan ini dipilih karena dikehendaki bisa dituju lewat dua aksis, yakni, aksis darat dan sungai. Lagian, daerah Banjarmasin Selatan belum ada terdapat RS.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: