HUT Banjarmasin ke 487, Gelar Lomba dan Hiburan Rakyat

Banjarmasin, KP – Guna memeriahkan hari jadi kota Banjarmasin ke 487, yang diperingati setiap 24 September, Pemko Banjarmasin menggelar berbagai lomba dan hiburan rakyat. Kegiatan yang akan dimeriahkan kemilau Banjarmasin atau Tanglog ini memperebutkan tropy Walikota juga berbagai hadiah dan penghargaan.

PLH Dinas Budaya Pariwisata, Pariwisata Pemuda dan Olahraga  (Disbudparpora) Kota Banjarmasin, Drs H Hermansyah mengatakan peringatan Hari Jadi Kota taun ini memang lebih special dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Didampingi Kabag Humas Pemko Banjarmasin Drs H Kurnadi, Herman mengatakan beragam lomba dan hiburan yang diselenggarakan dan kesemuanya dibuka untuk masyarakat umum warga kota Banjarmasin.

 

“`Kegiatan lomba dan hiburan yang akan meriahkan harjadi Banjarmasin tersebut akan dibuka  bersamaan puncak Harjadi 24 September nanti,”ujar Hermansyah, Rabu (4/9).

 

Khusus untuk lomba akan diselenggarakan mulai bidang olahraga, seperti sepak bola antar kampung yang baru tahun ini digelar. “Untuk kegiatan sepak bola antar kampung bekerjasama dengan Korem1007 dan diselenggakan di lapanga korem Antasari KM 5, degan tujuan sekaligus mencari bibit atlet sepak bola yang bermunculan,”kata Herman.

 

Pertandingan bulu tangkis antar instansi pemerintah dan swasta yang akan diselenggarakan di lapangan bulu tangkis komplek Bunyamin. Kemudian tenis lapangan antar pemula dan pelatih diselenggarakan di lapangan tenis Drama Praja. Pertandingan volley antar pelajar sekalsel Banjarmasin (tempatnya belum ditentukan), lomba burung perkutut (tempat belum ditentukan).

 

Kemeriahan, juga diselenggarakan lomba jalan sehat, sepeda santai. Kegiatan yang baru dibuka  tahun ini akan diselenggarakan lomba menembak senapang angin di Siring Tendean. Kemudian yang tak kalah seru diselengarakn Festival Drumband wali kota open dibuka untuk umum.

 

Khsusus Festival Drum band ini diikuti perkumpulan drum band sekalsel, Yogyakarta, Kalteng dan Kaltim serta daerah lainnya yang diselenggarakan 5-6 Oktober nanti maupun lomba catur di Siring Tendean.

 

Hiburan lainnya juga diselenggarakan pemilihan Nanang dan Galuh Banjar. Tahun inipemilihan nanang dan galuh Banjar ini dibukan tiga katagori. Yakni katagori umum 17- 21 tahun, katagori remaja 12-16 tahun dan katagori anak-anak 6-11 tahun.

 

“Kegiatan Nanang dan Galuh Banjar cilih ini untuk mencari potensi bagi remaja dan anak-anak daerah, sehingga tidak hanya untuk katagori umum 17 -21 maka tahun ini dibagi menjadi tiga katagori,”papar  Herman

 

Adapun Kemilau Banjarmasin Bungas berupa jukung hias atau tanglong yang akan digelar di Sungai Martapura bersamaan dengan lomba balap Jukung Bermesin dan Perahu Naga pada 21 September. Lomba Mancing diselenggarakan tanggal 22 September, kemudian lomba Busana Sasirangan serta pangelaran adat pengantin Banjar.

 

“Satu acara lain yang tampak special yakni ‘Festival Budaya Nusantara’ diisi parade etnis nusantara, mobil hias etnis yang dikuti seluruuh sekolah di Banjarmasin yang puncak harjadi yakni 24 september,’’katanya.

 

Sedangkan khusus pekan Raya Banjarmasin disi oleh Music Islami dan Music Panting serta pagelaran ini diselenggarakan tiga hari dan akan hadir pemusik panting dari Banjar, Banjarbaru dan Martapura.

 

Kemudian juga akan diseleggarakan hiburan di seluruh Kecamatan di Banjarmasin juga memiliki event Seni yang tujuannya agar masyarakat bisa memilih tujuannya hiburan yang ingin dinikmati serta agar kegiatan Harjadi ini tidak terfokus pada acara di sekitar Balaikota.

Kemudian untuk kegiatan ini akan ada hadiah dan penghargaan. “Pada malam puncak itu juga akan dihadirkan artis ibukota namun siapa artisny masih dirahasiakan,”demikian mantan Banjarmasin Tengah Drs H Herman.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: