24 September Momentum Penyerahan Layanan Perijin di Kecamatan

Banjarmasin, KP – Keinginan Walikota Banjarmasin H Muhidin untuk memberdayakan seluruh pegawai di lingkungan Kelurahan sampai Kecamatan terus akan dilakukan. Bahkan 24 September mendatang akan dijadikan momentum penyerahan layanan perijinan di Kecamatan.

Bahkan guna memangkas proses birokrasi dan efektivitas waktu pelayanan yang diberikan, Pemko Banjarmasin melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) berencana, mulai tanggal 24 September nanti, menyerahkan beberapa proses penerbitan perizinan kepada pihak Kecamatan yang ada di kota itu.

 

“Meski kewenangan di Kecamatan tetapi izin yang diterbitkan itu memang berskala kecil dan diharapkan bisa mencakup wilayah kecamatan itu sendiri,” ujar Kepala BP2TPM Kota Banjarmasin, Drs H Ikhsan Alhaq, kepada {{wartawan}}, Jumat (30/8).

 

Menurut Ikhsan, beberapa jenis izin yang akan diserahkan kepada pihak Kecamatan tersebut diantaranya, izin IMB, Pemondokan, Salon Kecantikan, HO serta SKTU. “Tapi bila izin itu meyangkut sekala besar dan lintas instansi, maka tetap akan dipegang oleh BP2TPM,” katanya.

 

Dikatakan Ikhsan, dengan diberikannya kewenangan tersebut kepada pihak kecamatan, maka pihak BP2TPM akan merasa sangat terbantu. Dimana bila saat ini seluruh pembuatan dan penerbitan izin harus ditangani mereka, bisa sedikit berkurang.

 

“Tentu saja ini membantu kami, sebab tidak lagi harus menangani perizinan yang masih bisa diberikan oleh pihak kecamatan,” katanya.

 

Bahkan, pihaknya, berharap, meski dibutuhkan proses penyesuaian dan penyempurnaan, tetap tidak menurunkan efektivitas layanan kepada masyarakat. “Kalau bisa mulai awal 2014, semuanya sudah bisa berjalan normal,” katanya.

 

Khusus  terkait aturan atau Perda yang menaungi kebijakan tersebut tambah dia, juga akan dilakukan penyesuain. Nantinya akan kembali dibahas dan diajukan oleh pihak Bagian Organisasi setempat kepada DPRD untuk dilakukan perubahan. “Sebab itu menjadi kewenangan mereka, bila kami hanya menjalankan saja,” jelasnya.

 

Sementara, terkait sumber daya manusia dan peralatan yang nanti akan mendukung kegiatan pelayanan perijinan di tingkat Kecamatan, Camat Banjarmasin Tengah Iwan Ristianto mengaku, mulai saat ini telah disiapkan.

 

Bahkan, katanya, dedikitnya ada 16 orang tenaga pegawai sedang dilatih dan diberikan pengetahuan tata cara dan prosedur penerbitan izin-izin tersebut oleh BKD setempat secara bertahap. “Mereka kami rekrut dari pegawai tingkat Kecamatan dan Kelurahan yang ada,” ujar Iwan.

 

Senada dengan Camat Tengah,  Camat Banjarmasin Timur Dra  Ina Yuliani, menambahkan, untuk anggaran dan peralatan yang dibutuhkan, sudah dianggarkan melalui APBD Perubahan tahun 2013 ini. Namun bila diperlukan tambahan, maka akan dialokasikan lagi pada tahun 2014 mendatang.

“Kalau jumlahnya disesuaikan saja, karena kebutuhan awal ini masih berupa computer dan peralatan lainnya”, demikian Camat Banjarmasin Timur Dra Ina Yuliani.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada September 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: