Pencari Kartu Kuning di Banjarmasin Meningkat Tajam

Banjarmasin, KP – Menyusul rencana Pemerintah Kota Banjarmasin yang secara serempak akan menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lingkungan Pemko Banjarmasin maupun di pemerintah provinsi kota dan kabupaten lainnya, ternyata belakangan ini permintaan kartu kuning AK1 untuk bisa mendaftar pegawai terus meningkat.

Bahkan setiap hari jumlah pengajuan daftar pencari kerja AK-1 terus meningkat, yang diperkirakan sebanyak 250 pengajuan masuk setiap harinya, ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.

 

“Peningkatan jumlah pemohonan AK-1 ini ada kemungkinan karena dibukanya kembali seleksi CPNS, kan moraturiumnya sudah berakhir,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Drs H Agus Surono, kepada {{wartawan}}, Senin (26/8).

 

Menurut Agus, para pemohon atau para pencari kerja yang meminta kartu kuning tersebut, didominasi oleh kalangan sarjana (S1).  Sebab untuk seleksi CPNS memang dibutuhkan yang memang mayoritas mereka yang sarjana,” katanya.

 

Dikatakannya, dengan banyaknya pengajuan yang masuk itu, pihaknya memang telah menyiapkan jauh-jauh hari kebutuhan kartu tersebut. Karena diperkirakan pada setiap hari menjelang seleksi, para pemohon akan terus bertambah.

 

“Memang kalau sekarang 250 perhari, maka bisa jadi akan terus bertambah tersu meningkat pada umumya memang kerap terjadi jika menjelang penerimaan pegawai negeri sipil,” ungkapnya.

 

Dikatakan, bila melihat data sementara sekitar 1.615 kartu kuning telah diterbitkan selama periode Agusutus ini. Sedangkan untuk keseluruhan selama tahun 2013 mulai Januari hingga sekarang, mencapai angka sebanyak 6 ribu lebih.

 

“Dari jumlah pemohoan kartu kuning, semuanya tidak ada kendala, asal persyaratan pengajuannya lengkap,” katanya.

 

Bahkan, ujarnya, diberharap, para pencari kerja yang mengajukan atau memohon kartu itu, dapat mempersiapkan diri sejak dini, supaya dalam proses pengajuan tidak mengalami keterlambatan. Karena apakah itu menyiapkan foto dan kelengkapan lainnya.

 

Selanjutnya, ujarnya, bila nanti telah diterima sebagai tenaga kerja baik dibidang swasta maupun negeri. Agar menyampaikan pemberitahuan bahwa telah bekerja dengan mengembalikan kartu kuning yang sudah diberikan itu.

“Sehubungan karena kami butuhkan untuk pendataan para pekerja yang ada disini, kalau tidak dikembalikan bisa saja dianggap sudah bekerja,” demikian Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Drs H Agus Surono.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: