Pemko Mulai Kerjakan Pelebaran Jalan Simpang Ulin

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin mulai mengerjakan pelebaran Jalan Simpang Ulin Banjarmasin atau Jalan Samping Duta Mall karena diharapkan bisa memecahkan arus lalu lintas setiap hari di Jalan Km 1 yang setiap hari dilanda arua kemacetan.

Alasan lain karena jalan tersebut sekarang ini menjadi akses kepentingan umum, ke RS Gigi dan Mulut maupun Fakultas Kedokteran yang sudah dibangun tepatnya samping Duta Mall Banjarmasin sehingga supaya masyarakat tak mudah terjebak macet, Pemprop melakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan dan Pemko kerjasama untuk melakukan pelabaran jalan yang dikerjakan Pemko.

Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Ir H Gusti  Ridwan  Sofyani, mengatakan memang jalan itu milik Pemko Banjarmasin, namun karena memang Pemeprintah Propinsi bersama-sama untuk kepentingan masyarakat sehingga melakukan pembebasan lahan untuk pelebarannya atas biaya Pemprov Kalsel.

“Rencananya lebar jalan Simpang Ulin 20 meter dan termasuk bekas SD Melayupun sudah dibongkar untuk pelabaran jalan dan sebagian akan dipakai taman sehingga akan tampak lebar, termasuk sebagaian tanah milik Duta Mall Banjaramsin juga diminta Pemko untuk pelebaran jalan,” ujarnya Gusti Riduan kepada {{wartawan}}, Selasa (27/8).

Dikatakan Gusti Ridan, jalan tersebut nantinya dibuat ada trotoar dan median jalan di tengah sehingga supaya jalan tampak rapi dan bebas PKL dibuat dua jalur sehingga kondisi jalan diharapkan benar-benar bisa memecah arus lalu lintas.

“Sesuai dengan aturan rencenaan memang sisa lahan SD yang telah diregroping tersebut lahannya akan dibuat taman sehingga bisa menambah areal taman yang memang kota Banjaramsin membutuhkan banyak taman di kota yang tua ini,”ucap Ridwan kembali.

Dikatakan, memang untuk jalan yang baru bisa dilebarkan tahun ini hanya sekitar 100 meter, dan diharapkan akan bertambah setelah dilakukan pembebasan secara bertahap. Karena dari jalan A Yani bisa lanngsung masuk sampai depan pagar Duta Mall.

Gusti Riduan juga menambahkan untuk biaya pelebaran jalan Simpang Ulin itu masuk satu paket dengan perbaikan jalan Kuripan, Sutoyo S, Pulau Laut, Jalan Bali, sebasar Rp 3,5 Miliar. “Sekitar Rp 500 juta lah untuk peleberan sementara ini, karena cukup luas,” ujarnya.

Dikatakan, memang untuk pelebaran jalan ini kepentingan umum dan memang pelaksanaan perencaan sudah lama, diantaranya untuk akses ke RS Gigi dan Mulut, ke Kampus Kedoktoran yang berada di jalan Veteran, juga sebagai jalan alternatif pemecah kemacetan. “Maklum, di jalan A Yani KM 1 kan saat ini sering macet,” ucapnya.

Ia juga memastikan, tidak ada kepentingan terkait pusat perbelanjaan terkenal di sampingnya, meskipun kenyatannya warga masyarakat juga yang menikmatinya keluar masuk jalan wilayah tersebut.“Perencanaan pelebaran Simpang Ulin ini sudah ada sejak zaman Walikota Sofyan Arpan, karenanya bukan tiba-tiba sekarang ini lo,’’ungkap Ridwan lagi.

Namun karena,  terkendala pelebaran hingga ke jalan Veteran, sehingga lahannya masih belum beres dibebaskan dan ranahnya Tapem dan Tim Pembebasan Lahan, demikian Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Ir H Gusti  Ridwan Sofyani.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: