PDAM Selesaikan Koneksi Pipa Samping Fly Over

[] Distribusi Air Normal Lagi

 Banjarmasin, KP –  PDAM Bandarmasih setelah menghentikan distribusi air bersih kurang pada 80 ribu pelanggan, selama kurang lebih 30 jam, akibat pemindahan pipa baru fly over, mulai Rabu dipastikan  para pelanggan kembali menikmati air bersih. Namun demikian sampai Kamis hari ini jika pelanggan masih membutuhkan air bersih akan disuplay melalui mobil tangki yang masih dioperasional hingga malam nanti.

 

“Syukur Alhamdulilah,  memang untuk koneksi dapat mengejar waktu hanya saja pada saat  memulia percobaan pengaliran kami harus melakukan pencucian pipa dulu sehingga agak terlambat karena memang harus dilakukan pencician yang memakan air sepertiga dari hasil distribusi satu hari,”ujar Direktur Utama PDAM Bandarmasin Kota Banjarmasin, Ir H Muslih kepada {[wartawan]}, Rabu (28/8).

 

Didampingi Sekretaris PDAM Bandarmasih H Endang Waryono, Muslih mengatakan, kendala yang harus dihadapi dalam mengkoneksikan pipa berdiameter 800 mm tersebut adalah proses pencucian pipa distribusi.

 

Jadi, katanya, memang rencana semula pipa cukup dibersihkan di sekitar titik sungai sekitar fly over namun karena dinilai kurang bagus maka pencucian dibatalkan dan  dirubah di titik yang lebih jauh.

 

“Memang kami terpaksa merubah posisi pencucian pipa tersebut di depan toko sasirangan, dan karena itu juga pengerjaan pencucian molor beberapa jam sehingga PDAM mulai pencucian kembali setelah pukul 18.00 sore hari,”ujar Muslih lagi.

 

Bahkan, ujarnya, proses pencucian ini baru selesai selama jam 24.00 Wita atau 12  malamnya, dan setelah bersamaan pengisian  langsung didistribusikan kepada para pelanggan. “Memang ada beberapa titik yang masih belum lancar, namun hingga saat ini kami terus melakukan pengecekan pipa distribusi baru tersebut dan kamipun melakukannya dengan memberikan tekanan yang maksimal,”ujarnya.

 

Mantan Direktur Teknik PDAM Bandarmasih ini juga mengatakan, dalam hal pencucian pipa ini memang harus dilakukan pengeluaran lumpur dan kotoran yang menempel di pipa dan inilah yang membuat keterlambatan pengucuran air bersih kembali.

 

Jadi, katanya, langkah ini jugalah yang harus ditanggung PDAM karena proses melakukan pencucian tersebut pihaknya  harus membuang produksi air sebesar 1/3 persen. “Ini memang resikonya meskipun PDAM harus membuang 1/3 dari produksi /harinya atau 300 ribu kubik perhari.” ungkapnya.

 

Selain itu, dengan selesainya koneksi ini, pihaknya juga langsung mengirimkan surat kepada pimpro Fly over agar dapat melanjutkan pekerjaan proyeknya seperti pemasangan pondasi untuk jalan layang tersebut.

 

“Sehubungan karena semuanya sudah putus dan pipa baru sudah difungsikan maka kita wajib memberitahukannya kepada pimpro fly over agar mereka pun bisa melanjutkan proyeknya, sehingga surat resmi hari ini juga akan dilakukan pengiriman dengan tembusan kepada semua pihak yang berkopenten,”jelasnya.

 

Muslih pun mengatakan terima kasih kepada semua pihak, baik itu BPK hingga masyarakat yang telah membantu dalam pengerjaan koneksi pipa PDAM baru ini. Namun demikian sampai sekarang PDAM masih terus melanjutkan pekerjaan di samping kanan kiri flay over dengan menanam pipa lagi, sehingga untuk kelanjutan pembangunan flay over ngak akan terganggu lagi.

 

“Kita masih memperbaiki pipa dan menanam pipa diamater besar ke dalam drainase supaya tak menganggu sirkulasi air drasinse di sepanjang jalan A Yani, sehingga kita akan merapikan ya itulah pekerjaan yang sekarang memang dilanjutkan kegiatannya,’’ucap Muslih.

Diakui memang untuk koneksi pekerjaa pipa ini, dananya diperolah dari Propinsi Kalsel yang sekarang masih dipansuskan DPRD Kalsel karena saat lelang memang dijelaskan kesnggupan pihak ketiga untuk menanggungali pekerjaan sampai selesai dan paling lambat akhir tahun dana tersebut bisa dicairkan untuk pembayaran kontraktor pelaksana.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: