Muhidin Minta Kepastian Hibah Pengelolaan Terminal Km 6

Banjarmasin, KP – Meski Hari Raya Idul Fitri sudah lewat tetapi janji Pemerintah Propinsi yang akan segera menyerahkan Terminal Km 6 Banjarmasin setelah lebaran ternyata masih belum ada kabar. Bahkan Walikota H Muhidin mengaku sedikit cemas karena belum ada kepastian penyerahan hibab Terminal KM 6 yang sudah dianggarkan Pemko untuk pembenahan aset Terminal yang sudah lama di kuasai Pemko Banjarmasin.

Bahkan Pemerintah Kota Banjarmasin mengaku belum lega dan masih terus berharap proses hibah lahan terminal induk KM 6 dari Pemprov Kalsel kepada Pemko Banjarmasin bisa segera diwujudkan. Karena dua pencatatan aset yang terjadi selama ini menjadikan salah satu hasil audit BPKP hanya memperoleh predikat wajar dengan pengecualian.

 

Oleh karena itulah petinggi Pemko Banjarmasin yang juga mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap supaya usaha Komisi 1 DPRD Kalsel yang telah meminyerahan sepenuhnya supaya Ketua DPRD Kalsel H Nasib Alamsyah kembali menyurati Gubenur Kalsel H Rudy Ariffin untuk segera menghibabkan Terminal Km 6 Banjarmasin ke Pemko bisa segera dilaksanakan apakah melalui pertemuan atau apa saja semua yang dilakukan demi kepentingan masyarakat.

 

“Saya siap hadir, untuk membahas hibah terminal itu Km 6 Banjarmasin jika memang diperlukan secara resmi, mengingat sekarang ini sudah ada aturan UU Permendagri No 17 tahun 2007 yang menyatakan bahwa penyerahan fasilitas umum ini bisa dilakukan tanpa harus ada persetujuan DPRD Kalsel,” ujar Wali Kota Banjarmasin H Muhidin, didampingi Sekdako Drs H Zulfadli Gazali MSi, kepada {{wartawan}}, Selasa (27/8).

 

Bahkan, ujar  mantan anggota DPRD Kalsel, pertemuan penyerahan tersebut akan lebih baik untuk segera diagendakan dengan dimediasi DPRD Kalsel dengan disaksikan BPKP, dengan menghadirkan kedua Pemerintah Daerah yakni Pemprov dan Pemko serta DPRD Kota Banjarmasin. “Semoga semua bisa berjalan lancar, karena ini menyangkut kelangsungan pembangunan terminal dan bukan untuk Muhidin tetapi untuk kenyamanan masyarakat,” katanya.

 

Dikatakannya, undangan pertemuan yang akan membahas status kepemilikan terminal terbesar dan terpadat di Kalsel itu, yang direncanakan dalam waktu dekat sudah akan disebar oleh DPRD Provinsi Kalsel.

 

Bahkan, dimungkinkan lanjutnya, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin juga mendapatkan undangan dan dapat menghadiri acara itu. “Yang lebih penting lagi, Gubernur bisa benar-benar setuju terminal dihibahkan kepada Pemko,” inginnya.

 

Pihaknya berharap,segala persoalan terkait aset terminal itu bisa segera terselesaikan. Sehingga langkah pembangunan dan pembenahan fasilitas public tersebut, bisa dilanjutkan dan dikerjakan. “Kalau ini selesai, saya bisa lega. Apalagi ada Permendagri Nomor 17 tahun 2007, jadi hibah asset untuk kepentingan public tidak lagi menunggu persetujuan DPRD,” bebernya.

 

Disisi lain tambah Muhidin, terkait pengajuan persetujuan hibah lahan terminal kepada Gubernur, pihak Pemko setempat telah menyampaikan surat pengajuan itu hingga kali kedua. “Terakhir bulan Agustus ini, tetapi belum juga dihibahkan,” paparnya.

 

Sementara proses pembangunan dan pembenahan terminal yang sempat dilakukan, kini terpaksa  ditunda dahulu. Mengingat bila dipaksakan ada kemungkinan berimbas pada masalah yang tidak menguntungkan bagi Pemko. “Jadi perkara hibah ini bila tidak selesai, akan mengganjal pada kelanjutan pembangunan terminal. Karena  pihak BPKP juga pernah kami tanya, apakah boleh melakukan  pembangunan disana, tetapi mereka tidak bisa menjawab,” ucapnya.

 

Sebelumnya, melihat dari sejarah yang dimiliki Pemko Banjarmasin, status kepemilikan lahan berdasarkan SK Gubernur era Soebardjo tahun 1979, lahan itu telah diserahkan oleh Pemprov Kalsel kepada Pemerintah Kota Banjarmasin. Dan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin juga telah diterbitkan HPL tahun 2004.

Namun belakangan status aset terminal itu kembali tidak jelas, hingga bila proses hibah kembali harus  dilakukan, catatannya Pemko Banjarmasin harus menghapus dahulu data aset itu dan mencabut sertifikat di BPN.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: