Kelurahan Kedepan Punya Kewenangan Mirip SKPD

Banjarmasin, KP – Mulai akhir tahun 2013, Pemko Banjarmasin berencana, untuk merubah bentuk pemerintahan ditingkat dasar yakni semua kelurahan menjadi sebuah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Perubahan tersebut itu dilakukan untuk mewujudkan amanah UU nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, dimana Kelurahan punya peran dan kewenangan sendiri, untuk mengatur dan melaksanakan pembangunan diwilayahnya.

 

“Kedepan Kelurahan akan mempunyai kewenangan melaksanakan pembangunan. Kalau sekarang untuk kegiatan Jaras saja, mereka berada dibawah pihak Kecamatan, di tahun mendatang Kelurahan juga bisa,” ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Banjarmasin, Drs H Khairul Saleh, kepada {{wartawan}}, Rabu (28/8).

 

Menurut Khairul, wacana tersebut saat ini mulai dijajaki, bila ternyata memungkinkan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, atau paling lambat mulai tahun 2014 mendatang.“ Kami melakukan studi itu dulu, yang sudah melaksanakan adalah kota Solo dan Jakarta,” imbuhnya.

 

Dikatakan Khairul, bila nanti perubahan tersebut bisa dilaksanakan, maka segala bentuk pelayanan kepada masyarakat ditingkat kelurahan, diharapkan bisa terlaksana dengan lebih baik lagi, termasuk menyangkut perencanaan, realisasi dan anggaran pembangunan.

 

“Tetapi  memang kita juga harus menyesuaikan aturan berupa Perda yang menaunginya, termasuk menyesuaikan SOTK yang ada,” beber Khairul lagi.

 

Sementara, Kasubbag Pemerintahan Umum Bagian Tata Pemerintahan Drs Ichrom Muftezar menambahkan, untuk mendukung kegiatan operasional ditingkat kelurahan, saat ini dialokasikan anggaran sekitar Rp70 juta.

 

Nantinya bila wacana perubahan tersebut terlaksana, maka anggaran kegiatan termasuk pembangunan pada tingkat kelurahan, bisa dialokasikan anggarannya langsung melalui Kecamatan yang ada tanpa harus melalui Badan Keuangan setempat seperti sekarang ini. “Bahkan bila berjalan baik, tahun 2015, Kelurahan bisa menganggarkan sendiri kebutuhan dana untuk kegiatan pembangunan diwilayah masing-masing,” ujar Tezar.

Sedangkan untuk jumlah Kelurahan yang ada di kota itu, mencapai jumlah sebanyak 52 Kelurahan. hasil dari beberapa pemekaran kelurahan yang dilakukan beberapa waktu lalu sehingga nantinya mereka akan memiliki kewenangan di masing-masing wilayah.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: