Dewan Perjuangkan Pengangkatan Tenaga Honorer

Banjarmasin, KP – Komisi I DPRD Kalsel berupaya memperjuangkan tenaga honorer daerah di lingkungan Kalsel agar bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

“Karena ini masih menjadi masalah yang belum bisa dituntaskan,’’ kata Ketua Komisi I DPRD Kalsel, HA Bisung kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.

 

Untuk itulah, Komisi I melakukan kunjungan kerja (kunker), dengan tujuan utama mengunjungi Badan Administrasi Kepegawian Negara (BAKN) Pusat di Jakarta, untuk membicarakan masalah pengangkatan pegawai.

 

“Kita fokus mengunjungi BAKN Pusat, untuk membicarakan masalah honorer,’’ tambah politisi senior Partai Demokrat.

 

Bisung mengungkapkan, dalam pertemuan dengan BAKN tersebut, kita mau membicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS), khususnya tenaga honorer daerah.

 

“Karena, masih banyak pegawai atau tenaga honorer yang bekerja sejak lama sampai saat ini menjadi PNS, khususnya setelah 2005,’’ ungkap Bisung.

 

Padahal, sudah ada ketentuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang tidak membolehkan lagi pengangkatan tenaga honerer, terhitung mulai tahun 2005. Namun, Pemprov Kalsel, serta Pemkab/Pemko di provinsi ini masih melakukan penerimaan tenaga honerer.

 

“Akhirnya, ini menjadi masalah, karena tenaga honorer ini menginginkan diangkat menjadi PNS, padahal sudah tidak diperkenankan lagi,’’ jelasnya.

 

Bahkan, bisa menimbulkan permasalahan tersendiri, jika tidak ditangani dengan baik dan benar, yang pada gilirannya mengganggu kinerja pemerintahan di daerah.

 

Namun demikian, Bisung mengakui tidak mengetahui pasti jumlah tenaga honorer di wilayah Kalsel, baik yang berada di jajaran Pemprov maupun kabupaten/kota.

 

“Kita perkirakan jumlahnya cukup besar, bahkan lebih dari 1.000 orang di seluruh Kalsel,’’ kata Bisung.

 

Untuk itulah, Komisi I secara khususnya ke BAKN untuk membicarakan masalah ini, sekaligus mencari solusi terbaik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Kita menyarankan agar pada penerimaan calon PNS, tenaga honorer mendapatkan prioritas untuk pengangkatan, terutama bagi mereka yang sudah lama bekerja, seperti lima tahun lebih,’’ ujarnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 15, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: