Pansus Aset Datangi Kementerian Terkait

Banjarmasin, KP – Panitia khusus (Pansus) Aset Daerah, DPRD Kalsel kembali mengunjungi dua kementerian di Jakarta, untuk membahas aset peninggalan eks Kanwil dulu.

“Kita sengaja mendatangi dua kementerian, untuk membahas masalah aset daerah ini,’’ kata Ketua Pansus Aset Daerah, HA Bisung kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.

 

Bisung mengungkapkan, Kementerian yang didatangi adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kemnterian Kesehatan, yang dijadualkan pada 28-31 Juli 2013 ini.

 

“Kita akan mengecek aset dari dua kementerian ini, yang diserahkan kepada Pemprov Kalsel pada saat otonomi daerah pada 1999 lalu,’’ ungkap politisi Partai Demokrat ini.

 

Hal ini dikarenakan aset dari kementerian yang diserahkan ke daerah pada otonomi daerah lalu tidak tercatat dengan baik, sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah (SAP).

 

“Inilah yang selalu menjadi temuan dan catatan pada audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), karena tidak sesuai SAP,’’ jelas Bisung, sebelum bertolak ke Jakarta.

 

Padahal, pencatatan atau penataan aset daerah sebagaimana SAP, merupakan keniscayaan, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, apalagi dalam kaitan untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 

“Penataan aset daerah sesuai SAP, menjadi penting. Sebab permasalahan aset itulah, Pemprov Kalsel belum berhasil meriah WTP,’’ tambah Ketua Komisi I DPRD Kalsel.

 

Bisung menambahkan, permasalahan aset daerah itu, mungkin sewaktu serah terima aset dari instansi vertikal (departemen) kepada Pemprov Kalsel sejak era otonomi daerah, tanpa melakukan pengecekan ulang, sehingga belakangan menjadi masalah.

 

“Semestinya, saat serah terima aset dari Kanwil Departemen kepada Pemprov ketika itu dilakukan pengecekan, serta perkiraan nilai,’’ kata Bisung.

Apalagi, aset eks Kanwil cukup banyak yang belum tercatat dengan baik dan benar sesuai SAP, sehingga selama ini Pemprov Kalsel hanya bisa meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: