Muhidin Canangkan Pemasangan 7500 Sambungan MBR PDAM

Banjarmasin, KP – Wali Kota Banjarmasin H Muhidin melakukan pencangan perdana untuk   mengawali pemasangan 7500 sambungan baru bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) PDAM Bandarmasih tahun 2013,  di Kelurahan Kelayanan Tengah, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Pencanangan yang langsung petinggi Pemko Banjarmasin  di kawasan pemukiman padat penduduk, Jalan Kelayan B, Gang Gembira, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Senin (22/7) pagi diawali dengan pemasangan baru bagi warga masyarakat yang selama ini sudah menjadi pemohon pemasangan air bersih d PDAM Bandarmasih.

 

Didampingi Direktur PDAM Bandarmasih, Ir HM Muslih, Wali Kota Muhidin mengatakan sambungan MBR merupakan bentuk bantuan bagi warga miskin yang memperoleh sambungan air bersih PDAM yang telah disetujui oleh konsultan Australia.

 

Jadi, katanya, melalui sambungan MBR warga hanya membayar biaya pemasangan Rp150 ribu sedangkan kalau tanpa  BMR biaya pemasangan Rp800 ribu, kata Wali Kota sambil memastikan 50 warga yang belum mendapatkan bantuan sambungan murah akan dibantu denngan uang pribadinya.

 

Karena, menurut Wali Kota, pemasangan MBR merupakan bantuan dari Australia, dan kedepan akan diperbanyak sesuai keperluan masyarakat yang memerlukan sambungan baru, asal saja juga sesuai dengan kreteria yang diinginkan memberi bantuan dalam hal ini Australia.

 

Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir HM Muslih menambahkan program pelanggan MBR merupakan  program yang memperoleh bantuan kedua kalinya dari negara Australia melalui Bank Pembangunan Asia (ADB).

 

Program tersebut kali kedua  ini diterima PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, sebelumnya tahun 2011 sudah dipasang pelanggan MBR sebanyak 5000 sambungan.

 

Kemudian tahap pertama tahun 2011 tersebut sebanyak 3500 sambungan kemudian diteruskan tahap kedua 1500 sambungan sehingga tahun lalu menjadi 5000 pelanggan MBR.

 

Khusus untuk tahun 2013 PDAM melobi pihak yang memberikan bantuan hingga berhasil dinaikkan menjadi 7500 sambungan, kata Muslih.

 

Selanjutnya tahap kedua pada tahun 2013 ini memperoleh lagi 7500 sambungan dan diharapkan kedepan akan tambah lagi, katanya.

 

“Kita berharap program ini terus berlanjut agar masyarakat miskin bisa melakukan sambungan bbaru PDAM ,”katanya.

 

Persyaratan penerima MBR benar-benar masyarakat miskin dan mendaftarkan kePDAM tak boleh diwakilkan, rumah milik sendiri,membawa foto copy KTP tinggal di Banjarmasin, rekening listrik, dan rekening air tetangga terdekat.

“Calon pelanggan akan disurvei oleh konsultan pihak pemberi bantuan dalam hal ini Ausaid (Australia), maka bila termasuk MBR maka akan diberikan fasilitas tersebut, demikian Muslih.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: