Jemaah Haji Banjarmasin Berkurang 63 Orang

Banjarmasin, KP – Kebijaksanaan Pemerintah Arab Saudi yang melakukan pemangkasan jumlah calon jemaah haji di Indonesia sebesar 20 persen, ternyata berdampak keberaangkatan calon jemaah haji asal Kalsel termasuk Banjarmasin yang berkurang 63 jemaah.
”Kalau jumlah calon jemaah haji asal Banjarmasin yang sudah terdaftar berangkat 602 tetapi setelah dilakukan pemangkasan tinggal 532 jemaah yang dipastikan akan berangkat,”kata Kepala Kementrian Agama Kota Banjarmasin Drs H Ahmadi Syukranapis kepada {[wartawan]}, di Ruang Kerjanya, Jumat (19/7).
Didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H Ahmad Sawitri S.AG, M.HI, Ahmadi mengatakan dengan jumlah jemaah yang berkurang tersebut sekarang sudah dilakukan pengumuman secara resmi yang ditempel pada papa penguman di Kantor Kementrian Agama di Kota Banjarmasin.
Jadi, ujar Ahmadi lagi, mereka yang akan berangkat menjalakan ibadah haji tahun 2013 tersebut adalah merek yang sudah mendaftar mulai tahun 2009 dan 2008 yang lalu dan pada umumnya mereka telah melakukan pelunasan.
”Saat ini para jemaah yang sudah dipastikan berangkat adalah mereka yang namanya sudah diumumkan secara terbuka sejak 16 Juli yang lalu,”katanya.
Karena, ujarnya, tujuan diumumkan tersebut agar diketahui semua pihak dan keberangkatan ini memang dipublikasikan dengan harapan masyarakat mengetahuinya.
Ia juga menambahkan  sekarang ini untuk bisa berangkat menjalankan ibadah haji  harus menunggu mendaftar paling sedikit  menunggu 17 tahun. ” Ini memang prediksi sementara ini  bisa juga maju berangkat jika ada yang mundurkan atau melakukan  pembatalan berangkat haji,”katanya.
Begitu juga bagi jemaah yang ingin mendapatkan kursi diharapkan setoran awal Rp25 juta.” Kemudian setelah sampai daftar tunggunya mereka barulah wajib melakukan pelunasan,”katanya.
Sedangan bagi jemaah yang terkena pemangkasan dan  belum berangkat dijanjikan akan berangkat 2014 menjadi sekala prioritas.
Khusus bagi jemaah yang sudah dinyatakan akan betangkat tahapan berikutnya mereka akan mengikuti manasik akbar, manasik kecamatan, kelompok, kemudian juga pemeriksaan haji dan tahapan berikutnya lagi maupun pembagian peralatan.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: