Dewan Belum Bahas KUPA DAN PPAS ABPD-P 2013

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel belum membahas Kebijakan Umum Perencanaan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Semantera (PPAS) APBD Perubahan (APBD-P) 2013 provinsi tersebut.

“KUPA PPAS APBD-P 2013 memang belum dibahas, karena masih berkonsentrasi pada panitia khusus (Pansus), sehingga pembahasannya tertunda,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, H Riswandi kepada wartawan, Jumat (19/7), di Banjarmasin.

 

Riswandi mengakui, dewan masih fokus pada Pansus Aset Daerah dan Pulau Larilarian, karena dinilai penting untuk segera dituntaskan, walaupun pembahasan APBD-P juga penting.

 

“Keduanya memang penting, namun untuk KUPA PPAS APBD-P masih ada rentang waktu hingga September mendatang,’’ jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 

Sedangkan Pansus Aset cukup mendesak, sebagai tindaklanjut rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI saat penyampaiah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kalsel 2012.

 

“Berbasarkan peraturan, selambat-lambatnya 60 hari sejak penyampaian LHP, segala temuan dan rekomendasi dari BPK RI harus ditindaklanjuti,’’ tambah Riswandi.

 

Sedangkan berdasarkan LHP LKPD 2012, permasalahan pengelolaan aset daerah yang belum tertib menjadi temuan yang berulang oleh BPK RI, sehingga Pemprov Kalsel belum bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan harus membenahi aset daerah.

 

“Dewan menganggap serius permasalahan aset daerah tersebut, dan perlu Pansus untuk mengawal penataan agar sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP),’’ ungkapnya.

 

Hal ini diharapkan agar Laporan Keuangan Daerah tahun depan bisa mendapatkan opini WTP, mengingat masalah aset bisa dituntaskan, sebagaimana rekomendasi dari Pansus Aset Daerah ini.

 

Sedangkan pembahasan KUPA PPAS APBD-P 2013, rencananya akan diusulkan pada Agustus, dan rampung membahas Raperda APBD-P 2013 pada September mendatang.

“Jadi masih ada waktu untuk membahas KUPA PPAS ini, tanpa menyebabkan pembahasan APBD-P tertunda ataupun mengganggu kegiatan pembangunan,’’ ujar Riswandi.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: