Dewan Bahas KUPA PPAS APBD-P

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel akan memfokuskan pembahasan Kebijakan Umum Perencanaan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Semantera (PPAS) APBD Perubahan (APBD-P) 2013 pada Agustus mendatang.
“Kita akan fokuskan pembahasan KUPA dan PPAS pada Agustus mendatang,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, H Riswandi kepada wartawan, usai rapat Badan Musyawarah (Banmus), Jumat (26/7), di Banjarmasin.
Menurut Riswandi, agenda pembahasan KUPA dan PPAS APBD-P ini memang harus dilakukan bulan depan, agar bisa segera menetapkan APBD perubahan 2013, sekaligus pelaksanaannya.
“Karena, jika terlambat, maka program yang telah dianggarkan pada APBD-P ini akan sulit terserap atau diselesaikan tepat waktu hingga akhir tahun nanti,’’ jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Jika pembahasan KUPA dan PPAS bisa segera dituntaskan, maka gubernur bisa segera menyampaikan raperda APBD-P 2013, untuk dibahas bersama eksekutif.
“Kita perkirakan ini tidak akan memakan waktu, sehingga September bisa disahkan dan dilaksanakan,’’ tambah Riswandi.
Rencananya, penyampaian penjelasan Raperda atau Nota Keuangan APBD-P 2013 pada 22 Juli lalu, namun karena ada kegiatan lain dari DPRD Kalsel, sehingga mengalami penundaan.
“Penundaan penyampaian penjelasan Raperda/Nota Keuangan APBD-P Kalsel 2013 itu masih dalam batas toleransi, artinya tidak melampaui perkiraan waktu pembahasan,’’ ujarnya.
Riswandi memperkirakan, APBD-P Kalsel 2013, secara keseluruhan bisa mencapai Rp5 triliun lebih atau mengalami kenaikan Rp500 miliar lebih dari APBD Murni (sebelum perubahan) 2013.
“Kenaikan APBD-P 2013 itu, antara lain bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tahun 2012, serta usaha lain,’’ jelas Riswandi.
Sedangkan Silpa itu sendiri antara lain bersumber dari dana perimbangan dari pemerintah pusat, yang belum masuk saat ketok APBD Murni 2013, sehingga jumlahnya cukup besar.
Agenda pembahasan KUPA dan PPAS APBD-P 2013, tidak mengganggu kegiatan lainnya, terutama Pansus yang kini masih bekerja, seperti halnya Pansus Aset Daerah, dan Pansus Optimalisasi SDA Pulau Larilarian.

“Banmus juga mengagendakan membentuk tiga Pansus baru,’’ tambahnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: