Banjarmasin Jadi Incaran Invistasi Hotel

Banjarmasin,16/7 – Menyusul stabilnya perekonomian di Kota Banjarmasin ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, belakangan ini menjadi incaran kalangan investor yang berkeinginan menanamkan  invetasinya atau dana mereka ke sektor perhotelan.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kota Banjarmasin Drs M Ikhsan Alhak kepada {{wartawan}}, belum lama ini, menyebutkan untuk tahun 2013 ini saja terdaftar sebanyak sembilan  investor yang mengajukan ijin mendirikan hotel di kota ini.

 

Dari sembilan pengajuan ijin mendirikan hotel di Banjarmnasin, enam hotel diantaranya klasifikasi hotel berbintang antara bintang dua hingga bintang empat, ditambah tiga hotel melati.

 

Ia sendiri mengaku tak tahu persis mengapa investasi perhotelan begitu marak di kota berpenduduk sekitar 700 ribu jiwa tersebut, namun perkiraaannya melihat kenyataan selama ini dimana setiap akhir pekan selalu saja kamar hotel di kota ini penuh.

 

Padahal jumlah hotel di kota ini sudah begitu banyak, mungkin pertimbangan kalangan investor itu kedepan sektor ini tetap memiliki prospek cerah, mengingat kota ini adalah kota transit bagi kota-kota di Kalimantan.

 

Selain, sembilan hotel yang mengajukan ijin tersebut masih ada satu hotel berkelas internasional yang sudah siap beroperasi yakni Best Westren.

 

Seharusnya hotel yang dibangun dengan investasi mahal tersebut beroperasi Juni 2012 ini tetapi karena berbagai peralatan yang belum datang dariluar negeri, kemungkinan hotel tersebut akan beroperasi September 2013.

 

Hotel bertarap internasional yang sudah buka dan beroperasi adalah hotel Mercure dan Rattan Int yang memiliki ratusan kamar tetapi tetap saja penuh oleh para pengunjung kota ini.

 

Kelebihan Banjarmasin kemungkinan bukan saja sebagai kota transit tetapi kota ini menjadi ajang pertemuan kalangan bisnis pertambangan, seperti pertambangan emas, pertambangan biji besi, serta paling marak adalah perkembangan tambang batubara.

Sektor lain yang juga kini mulai banyak mengajukan investasi di Banjarmasin adalah pendirian pergudangan di kawasan baru, Jalan Lingkar Selatan, demikian Ikhsan Alhak.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juli 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: