PD PAL Peroleh Hibah Strategi Sanitasi

Banjarmasin, KP – Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) akhirnya memperoleh hibah pelatihan strategi sanitasi penyusunan lima tahun supaya bisa menciptakan sebuah tatanan kota dengan lingkungan yang baik dan memenuhi standar hidup yang layak serta sehat bagi warganya.
“Sekarang ini kami sedang menyusun strategi sanitasi dan nantinya dalam bentuk buku pedoman yang bisa berlaku selama lima tahun,’’ ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjarmasin, Ir H Nurul Fajar Desira CES, kepada wartawan, Selasa (18/6).
Menurutnya, dalam penyusunan strategi sanitasi tersebut, pihak PD PAL diberikan bantuan pelatihan oleh Bappenas dalam bentuk pelatihan yang kini dilakukan selama tiga hari di Aula Bappeda Banjarmasin.
Kemudian, lanjut Fajar, hasil pelatihan tersebut nantinya, akan dibuat dan dimasukkan dalam sebuah buku yang berisi pedoman, dalam rangka mewujudkan sanitasi kota yang baik itu. “Jadi dalam buku itu nanti, apa yang jadi prioritas, perencanaan, target hingga pendanaan dapat dilihat jelas. Sehingga bisa menjadi pedoman dalam pembangunan kota kedepan,’’ ungkapnya.
Dikatakan Fajar, sejumlah perwakilan instansi terkait yang ada dilingkup Pemko Banjarmasin dan Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kota Banjarmasin, kini masih mengikuti kegiatan itu, diantaranya Sekdako Drs H Zulfadli Gazali MSi, Bagian Ekonomi, Cipta Karya, Keuangan, Kesehatan dan humas.
Bahkan, ujarnya, termasuk dari PD PAL, yang memang sangat konsen dan paling memiliki peran penting dalam menciptakan sanitasi kota yang baik itu,’’ bebernya.
Direktur PD PAL Kota Banjarmasin Ir H Muh Muhidin mengatakan, pelatihan yang diberikan oleh Bappeda ini diikuti sekitar 30 orang peserta dari sejumlah instansi.
Kota Banjarmasin bisa memiliki arah dan tujuan pembangunan kota yang berpihak dan mengarah pada menciptakan sanitasi dan ksehatan yang terbaik bagi warganya. “Kegiatan ini menjadi keinginan kita semua, sehingga dengan waktu lima tahun itu. Semuanya semoga bisa terwujud,’’ paparnya.
Disisi lain, semua yang dimuat dan tercantum dalam buku pedoman program sanitasi tersebut bisa selaraskan dan dilaksanakan. Agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai.  “Sebab ini memerlukan peran semuanya, tidak bisa hanya satu bidang atau instansi saja yang peduli,’’ ucapnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juni 20, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: