Masalah Gepeng Menyangkut Sikap Mental

Banjarmasin, KP – Masalah gelandangan dan pengemis (Gepeng) tidak hanya kemiskinan, namun sikap mental dari gepeng tersebut, yang enggan merubah nasib atau bekerja di bidang lain.
“Penanganan masalah gepeng ini tidak hanya menyangkut kemiskinan dan kesejahteraan, namun juga prilaku dan sikap mental,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, HM Iqbal Yudiannoor pada paripurna dewan, Senin (29/4), di Banjarmasin.

 

Selain sikap mental, kemiskinan dan kesejahteraan, masalah gelandangan dan pengemis juga berkaitan dengan penyakit sosial dan kenyakinan spiritual yang lemah bagi pelaku gepeng tersebut.

 

“Jadi penanggulangan gelandang dan pengemis, termasuk anak jalanan harus dilakukan secara komprehensif dan melibatkan banyak instansi terkait maupun pemerintah kabupaten/kota,’’ jelasnya, menyampaikan tanggapan dewan terhadap jawaban gubernur terhadap Raperda Penanggulangan Gepeng, serta anak jalanan.

 

Ditambahkan,  asalah gepeng bukan cuma persoalan yang dilihat dari sudut kemiskinan dan kesejahteraan bagi seseorang yang menjalankan aktivitas kehidupan sebagai gelandangan dan pengemis, tetapi lebih luas lagi.

 

Iqbal mengungkapkan, dewan berpendapat, persoalan gepeng dan anak jalanan menyangkut pula kewenangan pemerintah kabupaten dan kota.

 

“Karena, masalah itu juga menjadi persoalan antar kabupaten/kota, bahkan antar provinsi,’’ kata Iqbal pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, Nasib Alamsyah dan dihadiri Sekdaprov Kalsel, HM Asyadie.

 

Iqbal menambahkan, diperlukan kajian bersama secara komprehensif yang melibatkan kabupaten/kota atau provinsi lain yang warga masyarakatnya menjadi bagian dari gepeng yang beroperasi di wilayah Kalsel.

 

“Penanganan gepeng dan anak jalanan, tidak hanya persoalan yang ditangani cuma di atas kerta, namun lebih kepada persoalan operasional, yaitu melalui tindakan nyata di lapangan,’’ tambah politisi Partai Demokrat ini.

Raperda Penanggulangan Gepeng ini merupakan inisiatif Komisi IV DPRD Kalsel, dengan tujuan agar di wilayah Kalsel terhindar dari Gepeng serta anak jalanan.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Mei 10, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: