Dewan Rencanakan Pengembangan Laboratorium Kesehatan

Banjarmasin, KP – Komisi IV DPRD Kalsel merencanakan pengembangan laboratorium daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya pemeriksaan laboratorium.
“Jadi kita perlu menggali berbagai informasi terkait pengembangan laboratorium daerah,’’ kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Budiman Mustafa kepada wartawan, Senin (6/5), di Banjarmasin.

 

Hal ini terkait studi banding Komisi IV DPRD Kalsel ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 7-9 Mei 2013 ini.

 

Menurut Budiman, laboratorium daerah memiliki peran besar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya pemeriksaan secara laboratories, seperti pe meriksaan laboratorium kimia dan patologi, mikrobiologi dan kimia lingkungan/kesehatan.

 

“Laboratorium dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perkembangan penyakit,’’ tambahnya.

 

Apalagi keberadaan laboratorium kesehatan ini berperan dalam pelayanan pembangunan, baik upaya kesehatan masyarakat (UKM) maupun upaya kesehatan perorangan (UKP).

 

“Berupa pencegahan dan pemberantasan penyakit, penyediaan dan pengolahan air bersih, dan penyehatan lingkungan pemukiman serta kegiatan lain yang ada di wilayahnya,’’ ungkap Budiman.

 

Untuk itulah diperlukan studi banding agar dapat memperoleh informasi tentang konsep pelayanan dan pengembangan Balai Besar Laboratorium Kesehatan.

 

“Kita memerlukan informasi mengenai konsep pengembangan fisik dan sarana penunjang layanan laboratorium kesehatan,’’ jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

 

Disamping itu, juga mengenai perkembangan peralatan laboratorium maupun alokasi anggaran yang disiapkan Pemprov untuk menunjang pengadaan sarana dan prasarana laboratorium, termasuk sumber daya manusia.

 

“Kita juga perlu mengetahui dukungan yang diperlukan dari DPRD maupun Pemprov setempat untuk menunjang operasional laboratorium kesehatan daerah,’’ kata Budiman.

 

Budiman menambahkan, laboratorium kesehatan juga memerlukan kerjasama dengan instansi lain, terutama jenis dan bentuk kerjasama yang menunjang pelayanan dari laboratorium tersebut.

“Mudah-mudahan pengembangan laboratorium pelayanan kesehatan bisa direalisasikan di Kalsel,’’ ujarnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Mei 10, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: