Pendistribusian Matrei UN di Kalsel Lancar

[] Kamis Pagi Ini Mulai Serempak Ujian

Banjarmasin, KP – Kegiatan UN setelah tertuda selama tiga hari Senin, Selasa, dan Rabu, dipastikan pelaksanaan UN di Kalsel Kamis (18/4) pagi ini berjalan lancar. Karena persiapan terutama pendistribusian soal ujian negara (UN) se Kalsel termasuk di Banjarmasin sudah dilaksanakan. Bahkan materi UN yang datang pukul 10.00 Rabu (16/4) malam yang dibawa langsung pakai pesawat Hercules ke Kalsel terset akhirnya datang tepat pada jadual baru, paska penundaan kegiatan UN.

 

“Alhamdullilah, saya lega dan selesai melakukan pendistribusian meskipun harus bekerja keras, paska kedatangan soal UN sejak malam tadi,’’ungkap Ketua UN Kalsel Drs H Amka yang dihubungi via ponselnya {{KP]}, Rabu sore.

 

Bahkan semua materi sudah berhasil didistribuskan dan sekarang semua soalnya sudah ke Diknas Pendidikan di masing-masing wilayah termasuk Kotabaru, Tanjung, Tanah Bumbu maupun Hulu Sungai, Tapin, Marabahan, Pelaihari, Banjar, Banjarbaru hingga Banjarmasin dengan totak keseluruhan 160 koli.

 

“Sungguh semua soal hingga sekarang sudah tiba di Dinas Pendidan dan pengamannyapun dilakukan ketat, mesi pelaksanaan secara teknis tertunda karena memang alasan percetakan dan peking materi UN,’’ungkap Ketua UN Kalsel Drs H Amka.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs H Noor Ipansyah mengatakan persiapan kegiatan UN sekarang sudah sudah dalam tarap pemisahan materi UN yang sudah dikirim sebanyak 97  koli. Bahkan pendistribusian materi UN sekarang dipusatkan di Polsek Banjarmasin Tengah maupun Polsek Banjarmasin Timur.

 

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak Polsek sekaligus melakukan pemisahan ini untuk melakukan persiapan supaya kegiatan atau pelaksanaan UN bisa berjalan aman dan lancar maupun terkendali,’’ungkap Ipan lagi.

 

Selain sibuk melakukan pemisahan bersama panitia UN, pihanya juga bersama aparat bersama-sama melakukan penjagaan materi UN dengan sebaik-baiknya. Karena kekhawatiran mater bocar pun sudah dilakukan antisipasi secara berlapis.

 

“Jadi malam ini saya bersama-sama panitia lainnya melakukan cekking terakhir, supaya pelaksanaan materi UN di lapangan tak ada yang dirugikan, karena jika ada yang salah atau cacat dikhawatirkan menganggu konsentrasi pelajar yang mengikuti UN,’’ungkap Ipan.

 

Dengan begitu, ujar Ipan, jika semus materi UN sudah bisa dipilah dari masing-masing wilayah sekolah menengah umum atas maupun sekolah menengah kejuruan paling tidak memudahkan kegiatan belajar mengajar siswa SMU yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

 

“Kita berharap semua meteri UN untuk SMU di Banjarmasin sudah diambil pukul 06.00 Wita supaya tiba di sekolah sebelum pukul 07.00 Wita pagi ini dan semua tak ada yang salah distribusi materi UN,’’ungkap Ipan.

Orang Tua siswa dari SMA 7 Banjarmasin yang bernama Endang Waryono, penundaan UN yang dialmi putranya sama sekali tak mengaku kecewa tetapi menurut mereka justru menguntungkan karena bisa lebih siap untuk belajar keras dalam menghadapi UN yang menjadi momok siswa-siswa maupun orang tua karena mereka khawatir dengan kegaiatan Ujian Nasional ini.

Mat eri Soal UN di Banjarmasin Kurang Banjarmasin, KP – Materi Ujian Negara untuk SMU dan SMK di Kota Banjarmasin diperkirakan kurang. Hal ini diketahuai setelah dilakukan cek materi UN yang sudah datang di Polsek Banjarmasin Tengah maupu Timur ternyata sebagain diketahui ada kekurangan. Kepastian temuan kekurangan soal UN untuk jedual Senin dan Selasa, dan soal yang tersedia sampai sekarang hanya soal untuk Kamis dan Jumat yakni Bahasa Indonesia. “Setelah dilakukan pengecekan ternyata kekurangan soal mulai Fisika, Ekonomi dan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris,’’ungkap Kepala Sekolah SMA Sabillah Muhtadin Banjarmasin H Helmi Ardi kepada {[wratawan}], di Banjarmasin, Rabu (17/4). Hal yang sama juga diungkapkan Wakasek Kesiswaan Muhammadiyah I Aldulgani yang mengatakan ada kekurangan soal Fisika, Ekonomi dan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Namun kekurangannua telah dilaporkan dan diharapkan kekurangan soal bisa bisa segera datang supaua bsia melaksanakan UN dengan lebih baik dan tepat waktu Senin dan Selasa mendatang. Kepala Diknas Kota Banjarmasin Drs H Noor Ipansyah mengatakan kepastian kekurangan soal ini belum bisa disimpulkan. Karena masih ada beberapa koli soal sedang dikirim dari penitia penanggungjawab dari Propinsi. Namun, ujarnya, jika memang meteri soal UN kekurangan, pihak panitia akan melakukan kebijakan dengan melakukan penggadaan tetapi harus disaksikan petugas pengamanan juga aparat kepolisian lengkap dalam rangka menjaga keamanan dari kebocoran. “Kita saat ini masih berupaya dan diharapkan kegiatan UN bisa berjalan lancar karena itulah kami semua selaku panitia masih mengupayakan dan menunggu hasil dari pelaporan kekurangan soal, tetapi yang penting untuk pertama UN dipastikan lancar karena sudah ada pengecekan soal kecuali memang kalau ada pihak panitia akan segera meminta dikirim segera,’’ungkap Ipan. Oleh karena itu, pihaknya belum berani melaporkan kekurangan, karena sampai sekarang masih ada upaya dan terus melakukan koordinasi termasuk untuk pelaksanaan UN hari pertama diharapkan lancar dan memang bila untuk SMK-5 Banjaramsin terjadi kekurangan soal diharapkan bisa diatarsi untuk digandakan segera.“Kita berharap kegiatan UN hari pertama lancar,’’ungkap Kepala Diknas Kota Banjarmasin Drs H Noor. Ipan juga mengatakan setiap sekolah diharapkan mengambil soal disetiap Rayon pada pukul 6 wita dan dibawa dengan pengawalan petugas pada pukul 06.30 Wita dengan pertimbangan dimulainya waktu UN pukul 07.30 Wita dan waktu yang tersisa diharapkan untuk dimanfaatkan siswa guna penggisian biodata. Ipan juga menghimbau siswa jangan mudah percaya dengan bocoran jawaban, karena soal ini memiliki barkode masing-masing dan sulit untuk dibaca kecuali pakai sinar lacer yang memang sangat memahayakan bagi mata.“Labih baik usaha sediri dalam menghadapi UN,’’ungkap Noor Ipansyah

~ oleh Narti Kalimantan Post pada April 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: