Soal CPNS, BKD Belum Dapat Kabar

Banjarmasin, KP – Moratorium Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pemberhentian sementara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan tidak berlanjut tahun ini. Namun kapan pastinya dimulai seleksi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sendiri mengaku belum  mendapat kabar.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin Drs HA Husaini mengatakan hal tersebut kepada{[wartawan]}, di Banjarmasin, Jumat seraya menambahkan soal penerimaan CPNS, belum ada kabarnya apakah ada atau tidak.

Namun, menurutnya, penerimaan CPNS itu sifatnya menunggu kebijaksanaan pusat, daerah akan melaksanakan sesuai petunjuk dan arahan pemerintah pusat. “Kalau sudah surat edarannya ada, kita laksanakan,” tuturnya.

Sementara ini belum ada, kata A Husaini, pihaknya tidak bisa memastikan ataupun mengimformasikan secara luas kemasyarakat kapan dilaksanakannya penerimaan CPNS ini. “Kalau sudah ada edaran resminya, pasti kita umumkan,” janjinya.

Tetapi kebiasaan, ujar A Husaini, penerimaan CPNS itu pada bulan September atau Oktober. “Ya, siap-siap saja bagi warga yang ingin menjadi abdi negara, yang memang banyak diperebutkan masyarakat pada sekarang ini.
Dikatakan, memang moratorium CPNS sudah tiga tahun jalan ini, yakni, sejak ditetapkannya oleh pemerintah pusat pada 2011 lalu. Sementara pencari kerja atau sarjana nganggur diperkitakan terus bertambah setiap tahunnya.

Kesempatan mereka ingin mengabdikan diri menjadi pegawai resmi pemerintahan saat ini terbilang cukup terbuka, karena dibeberapa bidang mulai kekurangan tenaga. “Yang ada itukan hanya moratorium CPNS,  pensiun tidak,” katanya.

Sebab khusus di Pemerintahan Kota Banjarmasin saja, paparnya, pegawai yang pensiun setiap tahunnya rata-rata mencapai 200 orang.“ Memang yang terbanyak di bidang pendidikan, teknis juga,” ujarnya.

Karenanya, Pemko melalui BKD, telah mengajukan sebanyak 500 sekian pormasi permohonan penerimaan CPNS kepemerintah pusat pada penerimaan CPNS tahun ini.“Kita tidak bisa memastikan juga akankah semuanya disetujui, bisa saja hanya 200 atau 300, tergantung kebijakan pusat,” demikian Kepala BKD Kota Banjarmasin Drs HM Husaini.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada April 12, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: