Materi Soal UN SMU di Kalsel Terlambat Datang

[] Diknas Kesulitan Hubungi Percetakan di Bogor
Banjarmasin, KP – Memasuki hari H-4, jadual Ujian Negara Senin,15 April  materi soal ujian yang dijadualkan datang ke Diknas Kalsel akhirnya hingga Kamis (11/4) sore juga belum datang. Bahkan dengan keterlambatan materi soal ujian yang selama ini ditunggu-tunggi akhirnya, membuat sedikit galau atau gusar para panitia ujian nasional di daerah Kalimantan Selatan  ini.
Kegalauan semakin bertambah manakala Ketua UN Kalsel Amka yang berusaha menguhubungi panitia pencetak materi ujian di Bogor, sejak keterlambatan kedatangan ke Pos Banjarbaru yang sudah melakukan MOU dengan pengiriman materi UN tak ada jawaban yang pasti.
“Sungguh saya tak bisa tenang, bagaimana tidak materi UN yang dicetak pemenang lelang nasional PT Ghaliaya Indonesia Printeng Bogor hingga saat ini belum ada kepastian kapan datang, bahkan beberapa kali mencoba menghubungi maupun pululuhan SMS melalui telepon ngak ada jawaban,’’ungkap Ketua UN Kalsel Amka kepada {[wartawan]}, di Banjarmasin, Kamis (11/4).
Melalui kondisi tersebut, Kalsel bersama 11 Daerah lainnya termasuk Kaltim, Sulawesi Tenggara, Utara, Selatan, dan Tengah juga Barat mauun NTB, Bali dan NTT juga Gorontolo juga dibuat kepanikan karena hingga menjelang jadual pendistribusian soal UN Jumat pagi ini belum ada kepastikan kapan materai UN bisa didistribusikan.
Dengan keterlambatan tersebut, ujar Amka, pihaknya selama ini pihaknya hanya bisa melakukan kontak dengan panitia daerah yaitu dari Unlam tiga orang dan Diknas Kalsel tiga orang yang bertugas selama ini melakukan pemantauan pencetakan soal UN di Bogor.
“Terus terang, saya memang ngak tenang dengan kejadian ini karena belum ada kepastikan kapan datang sementara tim pengawas UN sudah mulai berdatangan dan berusaha kontak juga ngak bsia sambung dan mendapatkan kepastian jawaban kapan materi UN Kalsel datang,’’ungkap Amka lagi.
Ia juga mengatakan memang tahun lalu materi UN datangnya juga terlambat. Namun pada saat itu memang ada kepastian, tetapi untuk tahun ini sangat membingungkan sehingga hal inilah yang menjadi beban para panitia selama ini selain tak bisa tenang juga makin hari bertambah was-was karena tak ada kepastian datang.
Ditanya apakah kwalitas pencetakan di Bogor bisa dipertanggungjawabkan? Menurut Amka, Diknas Kalsel hanya mengikuti karena semua soal-soal UN tersebut dicetak dan dikirim dari Bogor baik untuk SMU dan SMP bersama 11 daerah lainnya di Indonesia.
Bahkan kepanikan makin bertambah manakala, panitia menghubungi soal di Palangka Raya dan Kalbar sudah datang siap untuk didistribusikan. Hal ini tentu saja tak bisa dipungkiri, karena masalah ini setelah datang juga harus disdistribusikan.
“Kita berharap paling lambat Jumat atau Sabtu sudah datang karena jika Minggu dikhawtairkan waktunya sangat mendesak sehingga harus kerja extra,’’ungkap Amka lagi.
Amka yang juga Sekretaris Diknas Kalsel ini juga mengaku tak bisa berbuat apa-apa dengan keterlambatan materi soal UN untuk anak-anak SMU yang semaunya 20 paket. Hal ini tentunya hanya bisa berharap doa dan permohonan maaf jika memang kondisi ini kurang mengenakan dan membuat panik semua pihak.
“Ya kita tak boleh pasrah tetapi akan terus berusaha dan melakukan piket kesinambungan dalam rangka melakukan dan pengatur pendistribusian soal UN yang memang ada kesalahan teknis dalam percetakan di Jawa Barat itu,’’ungkap Amka
Ia juga tak menduga akan terjadi masalah, tetapi apa mau di kata, UN jangan dianggap main-main tetapi merupakan pekerjaan besar dan sama kita pertangungjwaban dalam membangun dunia pendidikan di daerah ini.
Ditanya apakah ada indikasi kegagalan? Menurut Amka, pihaknya tetap optimis bisa dilaksankana tetapi kita harus menunggu dan ektra sabar mudahan semua dimudahkan jalan untuk membangun anak banga Indonesia di Lambung Mangkurat ini.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada April 12, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: