7.746 Siswa Serempak Ikuti UN SMU

Banjarmasin, KP – Sebanyak 7.746 Siswa Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat baik negeri maupun swasta di kota Banjarmasin akan mengikuti Ujian Nasional (UN) secara serempak  pada 15-18 April 2013 nanti.

Kadisdik Kota Banjarmasin Drs Nor Ipansyah mengataan siswa yang akan mengikuti ujian nasional tersebut memang sebelumnya, bahwa siswa juga diberikan pembelajaran tray out secara serempak maupun masing-masing sekolah juga menyelenggarakan dan hasilnya juga cukup baik.

Khusus dari peserta terdata mengikuti ujian akhir nasional itu diseluruh sekolah yang ada di Banjarmasin ini, untuk tingkat SMAN/S sebanyak 3.686 siswa, SMKN/S sebanyak 3.208, MAN/S sebanyak 836 siswa, dan SMALB sebanyak 16 siswa. “Namun ada lagi tambahan untuk siswa paket C sebanyak 787 siswa, ujarnya kepada {{wartawan}}, kemarin.

Dikatakannya, bahwa memang UN akan digelar serentak disemua sekolah, sama se-Indonesia, yang jadualnya sama serempak mulai Senin 15 April ini hingga Kamis 18 April. Untukk itulah semua siswa diharapkan bisa mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut, ujarnya.

Bahkan sebagai pihak penyelenggara UN tingkat daerah, ungkapnya, segala persiapan sudah cukup matang dilakukan, termasuk tempat dimana akan didistribusikan sementara soal UN akan diamankan, yang pada Jumat pagi soal didustribusikan kepada Polsek Banjarmasin Timur untk yaron satu dan rayon dua di pusatkan pada Polsek Banjarmasin Tengah.

“Terus terang memang ada dua tempat distribusi pengamanan soal UN sebelum diujikan kesekolah, yakni, diamankan di Polsek Banjarmasin Timur, ini Rayon 1, dan di tempat Polsek Banjarmasin Tengah, ini Rayon 2,” tuturnya.

Menurutnya, soal UN akan tiba ke Dinas Pendidikan pada Hari Jumat, 12 April 2013, tidak begitu lama setelah itu atau hari itu juga langsung diangkut kerayon masing-masing sesuai jumlahnya. “Kita pastikan soal UN akan dijaga ketat dan selama pendistribusian berlangsung dipastikan berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Ia juga  berharap para siswa menjelang hari-hari UN ini agar terus belajar dengan giat supaya mendapat nilai yang bagus nantinya, paling tidak memenuhi standar minimal nilai kelulusan total 5,5. “Kita berharap tidak ada siswa yang tidak lulus tahun ini. Yang terpenting pula para siswa menjaga kesehatannya, agar tidak ada yang absen pada UN nanti,” pungkasnya.

Tentang kelulusan siswa parameter nilai yang ditentukan secara nasional seluruh hasil UN jika dirata-rata sejumlah 5,5 dan untuk kelulusan siswa sepenuhnya dari hasil nilai UN ditambah hasil ujian sekolah barulah siswa tersebut ditentukan bisa lulus atau sebaliknya.

“Kita berharap semua peserta UN bisa mendapatkan nilai yang sangat baik dan ini semunya untuk diharapkan bisa kerjasama antara orang tua dan siswa supaya bisa mempersiapkan pelaksnaaan UN dengan baik, agar hasilnya juga memuaskan semua wiswa,’’ungkap Kadisdik Kota Banjarmasin Drs Nor Ipansyah

 

UN SMA Maju Pukul 07.30

Banjarmasin, KP   – Pelaksanaan Ujian Negara (UN) tahun 2013 yang sebelumnya pelaksanaannya diselenggarakan pada pukul 08.00 pagi sekarang, wakty pelaksanaan ujian nasional (UN) yang dimulai  15 April untuk tingkat SMA, MA, dan SMK dijadulkan lebih awak 30 menit atau pukul 07.30 wita.
Bahkan sebelum disepakati juga banyak sekali usulan keberatan dari pihak sekolah yang disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dan diteruskan ke Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel. Namun karena ini berdasarkan ketentuan pelaksanaan UN yang berdasarkan Prosedur Operasional S
tandar (POS) UN  dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kadisdik Kota Banjarmasin Drs H Nor Ipansyah mengatakan penentuan pelaksanaan UN sudah sesuai dengan POS UN. Bahkan, pihak sekolah diminta untuk bisa menyesuaikan pelaksanaan UN.“Sudah berdasarkan POS. Pihak sekolah diminta agar menginformasikan kepada guru, pengawas, dan siswa,” ujarnya yang dihubungi {[KP]}, di Banjarmasin, R.
Khusus pada pelaksanaan  UN kali ini, ujar  Ipan, UN dipastikan 20 paket soal. Berdasarkan sosialisasi BNSP, soal akan didistribuskan ke dalam dua rayon. Dipusatkan di Polsek Timur dan Polsek Tengah. Seperti aturan tahun sebelumnya, siswa dilarang membawa alat komunikasi ke kelas.
Jadi, katanya, usai pengerjaan soal, lembar jawaban UN (LJUN) SMA/SMK/MA dari sekolah langsung diantar ke Unlam. Sementara untuk lembar jawaban SMP, dari sekolah langsung dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel.
Untuk peserta, Ipan menjelaskan ada 7.742 siswa. Terdiri dari 3.686 siswa SMA, 3.208 siswa SMK, 836 siswa SMK, dan 12 siswa SMALB. Sementara peserta SMP, ada 9.098 siswa. Terdiri dari 7.349 siswa SMP dan 1.749 siswa MTs.
“Kita berharap dukungan semua pihak, baik itu pihak sekolah, orangtua, maupun siswa bisa mempersiapkan UN secara maksimal,” harapnya.
Sekretaris MKKS, Tumiran ketika dikonfimasi mengaku belum mengetahui mengenai keputusan pelaksanaan UN. Namun bila tetap diputuskan dilaksanakan pada pukul 7.30 wita, ia mengatakan akan segera menyosialisasikan kepada semua pihak sekolah.
Kepala SMAN 4 ini mengatakan persiapan UN sudah dimulai di setiap sekolah. Seperti di SMAN 4, pembagian ruangan, yakni 11 ruangan untuk kelas IPA dan IPS. Semua pihak sekolah juga diminta untuk menyediakan snack.
Sebagai persiapan bagi pengawas. Dengan dimulainya pelaksanaan UN pada pukul 7.30 wita, berarti pengawas harus sudah berada di sekolah pada pukul 07.00 wita. Kepada para siswa, ia juga akan meminta untuk bersiap-siap.
Sebab pelaksanaan UN pada 7.30 wita, berarti harus berada di sekolah pukul 7.10 wita. Sebab 20 menit sebelum pelaksanaan UN, siswa harus mengisi lembar jawaban. “Nanti kita sosialisasikan kepada seluruh siswa,” katanya.
Siswa kelas XII IPS 2 SMAN 7, Opey mengaku kaget dengan dimajukannya pelaksanaan UN. Ia mengatakan bagi dirinya tak menjadi masalah, karena rumahnya berdekatan dengan sekolah. Hanya ditempuh selama lima menit.
Ia mengkhawatirkan teman sekolahnya yang harus melewati fly over yang setiap hari macet. Pada hari biasa saja, banyak siswa yang terjebak kemacetan. Ia berharap, pada pelaksanaan UN nanti semua bisa mempersiapkan dengan maksimal. “Yang penting jaga kesehatan, belajar, dan berdoa,” tandasnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada April 10, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: