Wawali Minta Penjaga TPS Libatkan Perempuan

Banjarmasin, KP Wakil Walikota Banjarmasin HM  Irwan Ansari mengusulkan penjaga Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dilibatkan perempuan pula. “Kita cari ibu-ibu yang agak cerewet, biar pembuang sampah yang sering langgar aturan dimarahinya,” katanya.

Ia mengaku mengajukan saran ini karena adanya,  alasannya, sebab dianggapnya segelintir penjaga TPS yang umumnya saat ini para pria, ada yang lebai.
”Saya pernah negur penjaga di TPS RTH Kamboja, sebab sampah dibakarnya, malah dia tidak kenal saya. Saya  perhatikan juga di TPS lain, masih ada yang buang sampah siang hari, ko, tidak ditegur,” paparnya.

Jadi, katanya, ini perlu juga menjadi evaluasi efektifitas para pria yang tugaskan penjagaan TPS selama ini, sebab kalau masih ada pelanggaran pembuangan sampah pada siang hari di TPS yang dijaganya, jadi dipertanyakan keberadaan mereka di sana.

”Tetapi kita akui, itu hanya segelintir saja, sebab banyak TPS yang berjalan efektif karena adanya penjagaan ini, saya puji kerja mereka itu,” Puji Walikota..

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin Muhiyar mengaku berjalan cukup efektif adanya penjagaan TPS selama ini, sebab volume sampah yang dibuang masyarakat pada siang hari kini sejumlah sudah sangat jauh berkurang. ”Meskipun kita akui tidak belum bisa menyadarkan masyarakat seluruhnya untuk tertib buang sampah pada waktu dan tempatnya,” katanya kepada wartawan.

Sebab, katanya, tidak semua titik TPS yang ada di kota ini dijaga, dari sebanyak 117 titik TPS, baru 40-nya saja. ”Tahun lalu hanya 30 titik, tahun ini kita tambah lagi 10 titik,” ungkap Muhiyar.

Titik-Titik TPS yang mendapat tambahan itu diantaranya di TPS Kuburan Muslimin, di daerah Teluk Dalam dan Sultan Adam. “Sekarang ini sudah 80 orang penjaga yang kita pekerjakan jaga TPS saat ini, sebab masing-masing TPS ada 2 penjaga, setiap orang digaji Rp 750 ribu,” katanya..

Dikatan Muhiyar, bahwa pemilihan untuk penjaga TPS ini bukan dari pihaknya Dinas Kebersihan, melainkan dari pihak kecamatan masing-masing. “Terkait usulan pak wakil walikota bagusnya adapula penjaga TPS petugas perempuan, ide bagus juga itu. Kalau sekarang mungkin belum bisa, tahun depan bisa kita usahakan,” imbuhnya

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: