Wacana Penurunan PAD Harus Ada Pesetujuan

Banjarmasin, KP – Rencana penurunan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector pajak tempat budidaya sarang burung walet, yang akan diusulkan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin pada APBD perubahan nanti.

Kadispenda Kota Banjarmasin, Drs H Khairil Anwar MSi, mengatakan meski dibolehkan, tetapi harus melalui persetujuan tim anggaran badan eksekutif dan DPRD setempat dulu. “Sebab itu menjadi kewenangan tim untuk memutuskan,” ujarnya, kepada  {{wartawan}}, kemarin.

Diakui, sejak awal dalam pembahasan target pendapatan di setiap SKPD yang ada, harus melalui pembahasan dan persetujuan tim tersebut. Bila dinyatakan mampu, maka target itu akan ditetapkan dan menjadi tanggungjawab SKPD terkait. Karena kalau tidak tercapai, berarti gagal dilaksanakan target.

Kemudian, ujarnya,  khusus terkait permintaan penurunan target, juga harus melalui mekanisme yang sama agar target tersebut bisa kembali dan bisaditetapkan, dan tidak lagi terlalu membebani SKPD yang menginginkan penurunan itu. “Silakan saja nanti diajukan pada APBD perubahan, jadi bisa diputuskan,” ungkapnya.

Sementara itu, sambung dia, dinilai penurunan target dari sector tersebut, akan berdampak pada pendapatan yang ditarget pada tahun ini. Khairil berpendapat, tidak terlalu berpengaruh besar, karena target itu hanya diminta turun dari sekitar Rp1,5 miliar menjadi Rp500 juta. “Jadi turunnya sekitar Rp1 miliar, sedangkan target keseluruhan tahun Rp153 miliar,” tambahnya.

Bahkan, dia berjanji, akan berupaya untuk mencari alternative lain, agar PAD yang akan hilang itu, mendapat tambahan dari sector lain. “Kita cari jalannya, bisa saja dari sector lain yang potensinya lebih besar,” ucapnya.

Sebelumnya, penerimaan pajak dari hasil budidaya sarang burung walet oleh dinas pertanian dan perikanan kota Banjarmasin mulai tahun ini dipastikan akan diturunkan dari target PAD sebelumnya.

Penurunan target PAD ini akan turun dari nilai Rp1,5 miliar dan menjadi Rp 500 jutaan saja. Penyesuaian target PAD wallet itupun rencananya akan disahkan melalui APBD perubahan 2013 nanti.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi mengatakan, penurunan target PAD budidaya sarang burung walet ini merupakan penyesuaian dengan harga pasar sarang burung walet yang terus anjlok. Jatuhnya harga sarang walet kita karena kualitas walet dari Kalimantan yang sangat rendah.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: