Penebangan Pohon Konsekwensi Pembangunan

Banjarmasin, KP- Menyusul dari imbas pembangunan mega proyek fly over atau jalan layang di Jalan A Yani KM 3 kini merembet pada sejumlah pohon di tepi  jalan. Pasalnya, ratusan pohon jadi “korban” di tebang demi alasan pelebaran jalan.

Bahkan demi pelebaran jalan itu, kini mulai  tak terlihat lagi jejeran pohon palm tua yang tumbuh sebelah kiri jalan keluar kota. Selain pohon palm itu, termasuk pula pohon-pohon teram besi. Jumlah keseluruhan pohon yang kena tebang kiri kanan jalan sepanjang fly over itu sekitar 170 batang.

“Penebangan pohon itu sudah izin dengan Pemko, jadi tak masalah, dan merupakan konsekwensi pembangunan,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin Drs H Mukhiyar kepada {{wartawan}}, Kamis (14/3).

Menurutnya, pihak proyek fly over bersedia bayar konfensasi 1 pohon yang ditebang diganti 10 batang pohon sejenisnya sesuai amanah Perda pertamanan. Bahkan  pohon yang sudah kena tebang tersebut jumlahnya sekitar 170 batang. “Pada umumnya mereka berjanji mengganti semuanya,” ucapnya.

Jadi, kata Mukhiyar, harus dipahami langkah meratakan pohon itu demi kepentingan umum, yakni untuk rencana pelebaran jalan di sana, untuk sedikit mengatasi kemacetan selama pembangunan fly over. “Kan mau tak mau harus ditebang kalau demikian,” paparnya.

Sebab, kata Mukhyar, pihak pembangunan fly over juga berencana akan membangun taman di bawah bangunan fly over itu nantinya.

Menurut Mukhyar, pepohonan di sekitar bangunan fly over itu memang diperkirakan akan tersentuh bangunan fly over, jadi sedianya nanti akan ditebang juga.

Sebagaimana diketahui, rencananya jalan A Yani sekitar pembangunan fly over akan dilebarkan, dan itu akan menitup sungai sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan  akibat proyek fly over yang ditargetkan selama 2 tahun kerja.

“Tetapi  dibangunnya jalan itu sistem panggung rencananya,” ungkap Kadis Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin Ir Muryanta.

Dengan begitu, kata Muryanta, tidak akan menutup aliran sungai A Yani baik kiri dan kanannya. “Contoh pelebaran jalan ini kaya di Surabaya,” pungkasnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: