Pemko Bekali Ilmu Politik Pelajar SMU Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin memberikan sosialisasi tentang politik bagi pelajar SLTA sederajat kota Banjarmasin, di aula Bappeda Kota Banjarmasin, Kamis (14/3).

Kabid Politik Kesbangpol Banjarmasin Bambang Hartono menjelaskan, tujuan diselenggarakan kegiatan politik kepada pelajar ini, dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pamahaman tentang pendidikan politik bagi  pemilih pemula yakni pelajar. “Tujuannya, memang untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tersebut tentang politik di daerah sekaligus dalam rangka persiapan mensukseskan kegiatan Pemilu 2014 mendatang,”ujar Bambang.

Hal tersebut dilakukan agar para pemula politik ini dapat memberikan aspirasi dan suara mereka sesuai hati nurani sehingga bisa menyumbangkan suara mereka secara murni pada pelaksanaan pemilu yang akan dihadapinya.

Selain itu, ujarnya, mereka ini disiapkan untuk menghadapi Pemilu mendatang, sehingga kita menilai perlu adanya pembekalan politik pada pelajar sebagai pemilih pemula nantinya.

Sementara itu, pembekalan politik yang diberikan kepada pelajar ini diantaranya pendalaman mengenai empat pilar berbangsa dan benegara yaitu pancasila, UUD 1945, Bhieneka Tunggal Ika dan NKRI serta pemahaman mengenai hak dan kewajiban warga Indonesia dalam membangun budaya dan etika politik.

Sedangkan peserta yang mengikuti berjumlah 100 orang yang berasal dari seluruh pelajar tingkat SLTA. Kegiatan ini digelar dua kali setahun untuk sosialisasi pada pelajar serta dua kali setahun. Kemudian  untuk para pengurus dan anggota partai, organisasi partai politik dan organisasi kemasyarakatan juga dilakukan dua kali setahun.

Assisten II Ekonomi Pembangunan Drs.HM. Amin saat membuka pelatihan mengatakan pendidikan politik adalah cara bagaimana suatu bangsa mentransfer budaya politiknya dari generasi yang satu ke generasi kemudian.

Sedangkan budaya politik adalah keseluruhan nilai dan keyakinan yang menentukan terciptanya situasi di tempat kegiatan politik terselenggara. Pendidikan politik sebagai proses penyampaian budaya politik bangsa, mencakup cita-cita politik maupun norma-norma operasional dari sistem organisasi politik yang berdasarkan nilai-nilai pancasila.

Jadi, pendidikan politik perlu ditingkatkan sebagai kesadaran dalam berpolitik akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga siswa sma  diharapkan ikut serta secara aktif dalam kehidupan kenegaraan dan pembangunan.

Oleh karena itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin menyelenggarakan sosialisasi pendidikan politik bagi pelajar SLTA  sederajat guna menyambut pesta demokrasi pada pemilu 2014 dengan harapan meningkatkan pengetahuan tentang demokrasi, partai politik dan penyelenggara pemilu 2014 serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan demokrasi.

Pelatihan yang diikuti 120 peserta  dari 12 SMA /sederajat se Kota Banjarmasin dan menghadirkan nara sumber Drs. H Bambang Setiawan, MH dari KPU Provinsi Kalsel, Ir. Hermansyah, Msi dari Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: