RPU Akan Pasang Pengelolaan Limbah Terkoneksi

Banjarmasin, KP – Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin tahun 2013 akan mulai melakukan pemasangan sistem pengelolaan limbah yang terkoneksi dengan sistem PAL (Pengelolaan Air Limbah).

Bahkan rencananya,  untuk pemasangan sistem pembangunan limbah ini akan dibangun secara paralel hingga terkoneksi lagi dengan pembuangan limbah di RPH (Rumah Potong Hewan) di kawasan Basirih tersebut.

“Tahun ini akan dilakukan pemasang sistem pengelolaan limbah dan itu akan terkoneksi RPH dan sistem pengelolaan limbah PD PAL,”kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi kepada {[wartawan]}, Selasa (26/02).

Khusus untuk pemasangan system pembangunan limbah ini, pihaknya sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 950 jutaan dengan perhitungan dapat memproses limbah hingga 30-40 unggas dan saat ini pihaknya telah mempersiapkan proses lelang.

“Kalau akhir Februari ini akan masuk proses lelang, jika sudah selesai lelang ini langsung dikerjakan,”ujarnya.

Malah, katanya,  untuk sistem pengelolaan limbah ini dinilai lebih efesien dan mudah. Pihaknya sengaja membuat lubang-lubang yang dipasang pipa-pipa. Dari pipa itu disambungkan lagi dengan saluran pipa utama yang langsung menyambung dan terkoneksi lagi dengan pipa pembuangan limbah RPH hingga menuju ke system pembuangan limbah melalui PD PAL.

“Jadi, setelah limbah padat dipisahkan, limbah cairnya yang akan disalurkan melalui pipa, dan itu juga terkoneksi secara pararel dengan system pembuangan limbah dengan PD PAL yang dibangun,”jelasnya.

Khusus untuk membangun sistem pembuangan limbah yang terkoneksi dengan PAL, tahun ini pihaknya juga akan membangun empat blok penampungan unggas dengan nilai Rp 4 miliar seluas kurang lebih 3 hektar dan empat blok ini sebagai penambahan tempat pemotongan yang tahun sebelum gagal.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 5, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: