Pemko Rencanakan Bangun RPU Unggas Modern

Banjarmasin, KP – Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, berencana akan membangun Rumah Potong Unggas (RPU) yang lebih modern dan higienes. RPU moderen ini dibanyun katena untuk menjaga steril unggas dan menghindari kontak langsung manusia dengan unggas yang akan dipotong.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Ir H Doyo Pudjadi kepada {[wartawan]}, mengatakan, pembangunan RPU tipe modern ini memang memerlukan anggaran yang cukup besar.

Masalahny, untuk memenuhi standarisasi kesehatan, sebuah rumah potong unggas ini harus memiliki alat pemotong khusus hingga pembersih (perontok) bulu ayam. “Soal anggaran kita akan bantu dengan pemprov karena untuk membangun RPU modern ini memang cukup mahal,”ujar Doyo.

Bahkan, tidak hanya RPU modern,  usaha membangun  juga dirancang agar lebih memperhatikan segi kebersihan. Oleh karena itu juga dengan menggunakan peralatan khusus pemotong, maka unggas-unggas itu tidak akan ada kontak langsung dengan manusia.

“Jadi akan lebih higienes juga, karena akan dikerjakan dengan mesin pemotong khusus karena menghindari kontak langsung dengan manusia,”katanya.

Kendati demikian, dalam RPU ini hampir semuanya dilakukan oleh mesin, namun Doyo memastikan hanya dilakukan sebagian dari unggas yang masuk di Banjarmasin. Hal ini agar tidak hilang sama sekali sumber penghasilan masyarakat sebagai pemotong unggas.

“Kalau bisa sebagai contoh dan hanya akan dibangun dua unit dulu, jika ini direspon baik maka akan dibangun lebih besar lagi,”ujarnya.

Ia juga mengatakan dalam hal inijuga, Distan juga akan mengirim beberapa tenaga pemotong ayam tradisional untuk dilatih di Jakarta dalam menggunakan mesin pemotong unggas. “Mungkin bisa jadi si pemotong ayam yang dipilih dan dikirim supaya mengerti dan melihat langsung bagaimana kerja dari RPU yang dikelola modern,  “jelasnya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 5, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: