Pembebasan Oprit Pangeran Sangat Mendesak

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin direncanangan pertengahan tahun ini supaya bisa menyelesaikan pembebasan lahan di oprit jembatan Pangeran Banjarmasin, menyusul akan segera dilaksanakan pekerjaan lanjutan pembangunan jembatan kembar di kawasan tersebut..

Wakil Ketua Tim Pembebasan Lahan Pemko Banjarmasin Drs H Rusdiansyah SH, mengatakan bahwa pihaknya memang harus mempercepat proses pembebasan lahan di sekitar oprit tersebut, lantaran pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga harus segera membangun jembatan pengeran.

“Pemprov memberikan waktu penyelesaian proses pembebasan persil di kawasan tersebut paling lambat Juli – Agustus ini dan paling lambat Juli – Agustus sebab pemprov ingin segera membangun jembatan di sana,” ungkap Drs H Rusdiansyah kepada {{wartawan}}, kamis  (28/02).

Khusus dalam proses pembebasan, ujar Rusdiansyah, juga sudah melakukan pertemuan dengan pemilik persil  dan umumnya mereka mendukung proses pembebasan lahan sebagai pelebaran jalan hasan basri dan pembangunan jembatan kembar.

“Ini baru pertemuan pertama dan mereka memahami kepentingan pembebasan lahan tersebut,”ujarnya.

Ia juga mengatakan memang saat ini, pihaknya juga sudah melakukan pendataan kembali sejumlah persil yang terkena proses pembebasan tersebut. Bahkan ada sekitar Alkah serta 22 persil bangunan dimana diantaranya terdapat toko dan kios.

“Memang kalau statusnya bangunan saya tidak hapal, namun dari 22 persil tersebut lebih banyak toko-toko,”katanya.

Meski dalam hal ini pihaknya belum bisa mengungkapkan berapa besar anggaran yangdiperlukan, namun dia sudah memperhitungkan jumlah nilai bangunan di kawasan tersebut. “Bisa jadi harganya lebih mahal dari NJOP, namun kita tetap akan tinjau lagi dengan tim appraisal untuk penentuan harga,”ucapnya.

Sementara, pada tahun sebelumnya, pemkot juga telah melakukan pembebasan lahan 10 bangunan pada kanan (dari arah dalam Banjarmasin) jembatan pangeran tersebut. Pembebasan lahan itu saat ini sebagaian sudah dibangun bagian pondasi jembatan. Namun untuk mempermudah jalur jembatan maka pemkot kembali melakukan pembebasan di sekitar oprit jembatan.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 5, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: