Pemadaman Listrik PJU Terganggu

Banjarmasin, KP – Menyusul  sering terjadi pemadaman listrik berdampak penerangan jalan umum (PJU). Hal tersebut juga dibenarkan, Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin bahwa hal tersebut bukan akibat terjadinya kerusakan instalasi PJU di kota ini, melainkan karena terjadinya pemadaman listrik yang dilakukan PLN.

Bahkan berdasarkan keluhan masyarakat di Kota Banjarmasin, PJU dalam beberapa minggu terakhir kembali mengalami gangguan, yakni kadang menyala dan tidak, padahal seharusnya sejak pukul enam sore sudah harus menyala.

Kabid PJU dan Reklame, Drs H Rusdy kepada {[wartawan]}, Kamis (28/2)  mengatakan, hampir 100 persen PJU di kota ini sudah diganti dengan yang baru dan diperbaiki, jadi kalau kerusakan kemungkinannya sangat kecil.

Namun, melihat banyaknya PJU yang padam, pihaknya menjelaskan bahwa hal tersebut lebih dikarenakan sering terjadinya pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLNB, tak terkecuali PJU.

“Pemadaman yang dilakukan PLN juga tak terlepas PJU milik kita, yang dilakukan secara bergantian per kawasan. Hal ini dilakukan menyikapi pilihan PLN apakah memadamkan listrik untuk perumahan atau PJU untuk menerangi jalan,” katanya.

Khusus penyebab terjadinya pemadaman ini, menurutnya juga dikarenakan keterbatasan daya yang dialami PLN, sehingga pemadaman harus dilakukan secara bergantian, dan PJU termasuk diantaranya selain perumahan warga.

“Sehubungan karena PLN menilai bahwa listrik untuk masyarakat lebih penting, maka PJU dikalahkan, jadi tak heran apabila dari pukul enam sore hingga sepuluh malam PJU tak jua menyala karena pada masa itulah apemakaian listrik mengalami puncaknya,” katanya.

Khusus untuk menghadapi hal ini, Bina Marga menurutnya juga tak bisa berbuat banyak, namun dari segi biaya setidaknya Pemerintah Kota tak lagi terlalu dibebani, karena pemasangan PJU saat ini sudah menggunakan perhitungan meterisasi.

“Walaupun padam, kita tak akan lagi membayar penuh listrik kepada PLN, karena PJU kita sudah menggunakan meterisasi. Namun, tetapi disayangkan karena pemadaman ini cukup berdampak pada pelayanan masyarakat akan penerangan jalan umum,” katanya.

Namun, melihat kondisi PLN, pihaknya menyatakan tak bisa berbuat banyak, karena krisis listrik bukan hanya terjadi di kota ini saja, melainkan juga beberapa daerah lain yang mengalami hal yang sama bahkan kondisinya lebih memprihatinkan.

“Kita berharap masalah kekurangan daya yang dialami PLN bisa segera teratasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal, termasuk pelayanan PJU kita yang memiliki fungsi untuk menerangi jalan-jalan di kota ini,” katanya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 5, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: