Partai Besar Berpeluang Dapat Kursi Legislatif

Banjarmasin, KP – Partai besar berpeluang mendapatkan kursi di legislatif pada Pemilu 2014 mendatang,
dengan penambahan daerah pemilihan (Dapil) di wilayah Kalsel, dari enam Dapil
menjadi tujuh Dapil.
Penambahan Dapil telah diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel bersama 10 partai politik
peserta Pemilu 2014, sebagai dampak penambahan jumlah penduduk menjadi 4,1 juta
orang, walaupun tidak berdampak pada penambahan jumlah kursi di DPRD Kalsel.
“Penambahan Dapil jelas menguntungkan partai politik besar, yang berpeluang mendapatkan
kursi di legislatif,’’ kata Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ibnu Sina kepada wartawan, Jumat (28/2), di Banjarmasin.
Hal ini dikarenakan jumlah kursi yang diperebutkan dalam satu daerah pemilihan berkurang, sehingga menguntungkan bagi partai besar untuk mendapatkan dukungan dari kader dan simpatisan partainya, termasuk kelebihan sisa suara ini. “Peluang mendapatkan kursi jelas lebih besar,’’ tambah anggota Komisi III DPRD Kalsel.
Namun, penambahan dapil juga berdampak pada cost yang besar pada Pemilu 2014, karena persaingan antar calon legislatif maupun partai politik akan semakin ketat, untuk memperebutkan kursi yang ada.
“Apalagi di beberapa daerah pemilihan ini terdapat pengurangan jumlah kursi dari sebelumnya, sehingga dipastikan akan didominasi oleh partai besar,’’ ujar Ibnu Sina. Misalnya, Dapil Banjarmasin dari 10 kursi menjadi delapan kursi, Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, dari 10 kursi menjadi sembilan kursi untuk Kabupaten Banjar, Barito Kuala dari lima kursi menjadi empat kursi, Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan
(HSS), HST sembilan kursi, Dapil HSU, Tabalong, Balangan sembilan kursi, Tanah Laut dan Banjarbaru delapan kursi dan Dapil Tanah Bumbu, Kotabaru delapan kursi.
“Penambahan Dapil memiliki segi positif dan negatif, dimana penguasaan wilayah akan semakin mudah, namun persaingan untuk mendapatkan kursi juga semakin ketat,’’ tambah  politisi PKS, Riswandi.
Hal senada diungkapkan politisi Partai Golkar, H Puar Junaidi, dimana pertarungan pada Pemilu 2014 akan semakin ketat, baik dari segi biaya ataupun lainnya.“Dominasi partai besar akan sangat terlihat, karena telah memiliki struktur maupun anggaran yang kuat, walaupun persaingan akan semakin ketat untuk memperoleh suara,’’ ujar Puar Junaidi.

Namun, soal biaya Pemilu tidak menjadi permasalahan bagi Partai Gerindra dalam upaya memperoleh
dukungan suara dari masyarakat, sehingga telah mempersiapkan hal tersebut. “Kita telah siap untuk berkompetisi memperoleh suara pada Pemilu 2014, serta menempatkan kader duduk di legislatif,’’ tambah politisi Partai Gerindra, Ilham Noor kepada wartawan.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Maret 4, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: