Miras di Bajarmasin Segera Pengut Retribusai

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin memastikan, mulai bulan ini retribusi miras sesuai aturan Perda Nomor 27 tahun 2011 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penjualan Minuman Beralkohol  (Miras), mulai diberlakukan.

“Sekarang kami sudah menyampaikan telaahan kepada Wali Kota, agar menentukan SKPD mana yang bisa menangani penarikan tersebut,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Nor Hasan, kepada {{wartawan]}, kemarin.

Menurutnya, dimungkinkan pada bulan ini juga penetapan dari Wali Kota tersebut, bisa ditentukan. Sehingga jelas, pihak SKPD mana yang bisa menangani secara penuh dan melakukan penarikan retribusi dimaksud.

“Kalau sekarang masih bingung, karena SKPD yang menangani produk bagian Perindag, untuk perijinan BP2TPM, dan Pariwisata tentang tempatnya,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, bila telaahan dan penetapan tersebut sudah diperoleh, maka prosesnya tinggal membuat Perwali terkait hal itu. ”Tinggal Bagian Hukum yang nanti membuat Perwali itu, dan SKPD yang ditunjuk bisa menjalankan,” bebernya.

Hasan menjelaskan, pada dasarnya dalam menangani perijinan tempat dan pengendalian miras, memang diperlukan kerjasama, baik dari Disperindag, BP2TPM dan Disbudparpora. Tetapi untuk mempermudah kendali utama, perlu dilakukan penentuan salah satu SKPD agar lebih mudah. “Sedangkan yang lain, bisa tetap membantu. Seperti Pariwisata menentukan tempatnya, karena yang tahu itu kami,” ungkapnya.

Sebelumnya, kebijakan Pemerintah Kota Banjarmasin, memberlakukan ketentuan Perda Nomor 27 tahun 2011 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penjualan Minuman Beralkohol  (Miras), telah banyak memunculkan peminat, untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB), di kota itu.

Sedikitnya ada sekitar 10 buah surat pengajuan datang kepada pihak BP2TPM setempat, untuk meminta izin terkait lokasi dan tempat untuk berjualan miras tersebut.

Kendati pengajuan tersebut telah masuk, namun pihak BP2TPM setempat mengaku, belum dapat menerbitkan izin tersebut. Mengingat teknis pelaksanaan penerbitan izin dan lainnya, belum dipahami secara detil.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Februari 12, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: