PN Banjarmasin Jemput Bola Sidang Kolektip Akte Terlambat

[] Untuk Pertama di Laksanakan di  Kecamatan Selatan

Banjarmasin, KP  – Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin H Yahya Syam akan mendukung program pemerintah kota dengan menjemput bola, dan menyidangkan warga untuk mendapatkan layanan pembuatan akte terlambat bagi kelahiran putra-putrinya, dengan biaya murah.

“Kita akan membantu dan mendukung semua warga di Banjarmasin untuk mendapatkan layanan akte supaya warga masyarakat bisa tertib adminitrasi,’’ungkap Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin H Yahya Syam, saat pembukaan sidang kolektif perdana pembuatan akte di Kecamatan Banjaramsin Selatan, Selasa (22/1).

Dihadapan Komandan Kodim dan Wakil Walikota HM Irwan Ansyari, Yahya juga mengatakan memang setiap warga yang terlambat lebih dari satu tahun dalam mengurus akta kelahiran harus mendapatkan penetapan dari pengadilan. Hal ini sesuai perintah Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

Jadi, katanya, karena ini perintah undang-undang semua warga harus taad dengan perintah undang-undang. Sebab bagaimanapun juga pembuatan akte ini sangat penting dalam menunjang tertib adminitrasi.

Wakil Walikota HM Irwan Ansyari menyambut baik antusias warga masyarakat Banjarmasin Selatan yang akan mendapatkan akte kelahiran putra-putrinya demi tertib adminitrasi. Karena itulah pihaknya berharap kesadaran yang tinggi ini harus diberikan layanan yang baik dari seluruh aparat Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan.

“Kita bangga ternyata banyak warga yang menyambut baik program layanan murah ini melalui sidang ditempat sehingga kalau bisa menjadi agenda yang rutin,’’ungkap Wakil Walikota HM Irwan Ansyari di sela-sela pembukaan sidang perdana pembutan kepada {[wartawan]}, di halaman Kecamatan Selatan Banjarmasin, Selasa (22/1).

Bahkan Walikota juga bangga dengan sidang kolektif akta kelahiran yang dicanangkan di Banjarmasin Selatan cukup disambut antuas oleh warga. Bahkan layanan primanya pemohon akte bisa langsung pulang membawa akte.

Pada daftar memang ada sekitar 100 pemohon dari warga  namun sayang ketika akan dilaksanakan sidang sebagian dari mereka kembali mundur karena syarat yang ditentukan tidak lengkap.

Namun mereka cukup senang setelah megetahui setelah sidang akte langsung dipdijanjikaan akte begitu selesai sidang dan dinyatakan hakim yang menyidangkan pembutan akte syah dan print  dan dibawa pulang.

“Syarat yang utama untuk pencatatan akta kelahiran ini yakni orang tuanya harus memiliki buku nikah dulu, jika tidak maka kami minta untuk melengkapinya,“ujar Kabid Bidang Pencatatan Sipil Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Banjarmasin, Ida Noorhaini, selasa (22/1).

Sejauh ini, pelaksanaan sidang kolektif tersebut berlangsung lancar. Pihaknya pun tetap memberikan kesempatan kepada warga yang belum melengkapi syarat adiministrasi tersebut agar pada pelaksananaan sidang ke dua nanti mereka dapat langsung disidang dan dibuatkan akta kelahiran anaknya.

“Untuk hari ini kami tetap melaksanakan sidang kolektif akta kelahiran tetapi bagi warga yang sudah langkap syaratnya saja dulu, untuk pemohon yang tertinggal bisa menyusul pada sidang ke dua yang akan dilaksanakan kemudian hari,”jelasnya.

Sidang kolektif akta kelahiran ini juga dipungut biaya sebesar Rp 225 ribu. Dan biaya itu merupakan berkas akta kelahiran termasuk denda keterlambatan pembuatan akta kelahiran. Selain itu juga, Sidang kolektif akta kelahiran ini juga dibiayai APBD Pemko Banjarmasin tahun 2013 sebagai perwujudan dari program nasional dalam dispensasi akta kelahiran kolektif.

Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Banjarmasin Dra Hj Rahmah Noorlias mengatakan pelaksanaan sidang ini juga akan dilakukan dilakukan di empat kecamatan lain menyusul banyak masyarakat yang belum mendaftarnya catatan kelahiran anaknya di Disdukcapil. Kemudian pihak Disdukcapil pun juga tetap mengimbau kepada warga lain yang ingin membuat akta kelahiran anaknya terutama di anak bawah umur 100 hari maka mereka dapat langsung mendatangi kantor dispencapil kota Banjarmasin. Sebab tahun ini pihaknya  menyediakan sekitar 2000 lebih blangko untuk akta kelahiran tersebut.

.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Januari 24, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: