DKP Kewalahan Atasi Sampah Pasca Tahun Baru

Banjarmasin, KP – Menyusul euforia menyambut malam pergantian tahun 2012-2013, Senin (31/12) malam kemarin  di Banjarmasin benar-benar semarak. Pasca acara tersebut, ternyata meninggalkan sampah teramat banyak berserakan di mana-mana, bahkan hingga terlihat sampai keesokan harinya.
Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Banjarmasin mengakui cukup kewalahan menangani sampah tambahan dari hasil perhelatan pesta menyambut tahun baru ini, sebab meningkatnya hampir 50 % dari hari biasa.
“Sampah memang teramat banyak habis malam tahun baru, kebanyakan sampah kering plastik dan bekas jajanan makanan,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan  (DKP) Kota Banjarmasin Rusmin Ardhaliwa, kepada {[KP]}, via telepon gegamnya, Selasa (1/1) siang.
Menurutnya, sampah kering itu dari bekas kertas petasan kembang api, botol dan gelas minuma dan pelastik makanan. “Ini yang banyak berserakan di jalan-jalan mulai Lambung Mangkurat, Musafa, Sudirman,” ucapnya.
Terlebih lagi, katanya, sampah yang juga cukup meningkat dari rumah tangga, sebab pada malam itu juga banyak warga yang menggelar pesta masak.
“Jadi perkiraan kita yang hari biasa seorang warga itu bisa menghasilkan sampah antara 0,8-1 kg, pada malam tadi meningkat setengahnya,” papar  Rusmin.
Jad, ungkapnya, kalau hari biasa perkiraan sampah di Banjarmasin mencapai 500 ton perharinya, hanya dalam semalam tadi, bisa bertambah ratusan ton. “Kita sudah menurunkan tenaga kebersihan  semaksimalnya untuk penanganannya,” aku Rusmin.
Menurutnya, DKP selalu menambah uang lembur bagi petugas kebersihan setiap penanganan sampah pasca perayaan hari besar, termasuk tahun baru ini. “Intinya kita sudah berusaha maksimal, tapi ya itu, besarnya keberadaan sampah tidak sebanding SDM dan angkutan kita yang menangani,”demikian Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan  (DKP) Kota Banjarmasin Rusmin Ardhaliwa.(

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Januari 1, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: