Peringatan Hari Tata Ruang di Tandai Peluncuran Peta Hijau

Banjarmasin, KP  – Peringatan hari tata ruang dunia atau {{word town planning day}} yang dilaksanakan di Lapangan Kamboja Banjarmasin selain dimeriahkan dengan penanaman pohon juga ditandai peluncuran peta komunitas hijau yang sudah dipetakan dan langsung disosialisasikan kepada segenap masyarakat dan seluruh undangan.

“Mudah-mudahan, kegiatan yang mengusung Tema  {{Green City For a Better Life}} atau kota hijau untuk peningkatkan kesadaran serta apresiasi public dan professional terhadap penataan ruang baik lokal maupun global,’’ungkap ’’ungkap Wakil Wali Kota Banjarasin HM Erwan Anshari , di Lapangan Kamboja Banjarmasin, Jumat (9/11).

Dihadapan segenap undangan dan tokoh masyarakat, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Banjarmasin, Erwan Anshari mengatakan  untuk mewujudan kota hijau ini perlu  segera diwujudkan, baik dari pemerintah pusat, provinsi Kalsel serta seluruh elemen masyarakat di Kota Banjarmasin.

Selanjutnya, ujar Erwan Anshari, untuk memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang kini baru 17 persen, yang menjadi  target 30 persen, Pemko mencanangkan program pembangunan kota yang berkelanjutan sebagai Kota Hijau dengan pengolahan air yang baik. Hal ini tetunya sangat diperlukan peran masyarakat.

Bahkan, katanya, Pemko dituntut serius mengarap lahan kososng yang ada di Kota Banjarmasin untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan daerah resepan air. Karena juga harus konsisten dengan {{master plan yang ada, jangan sampai tata ruang yang sudah dibuat di main-mainkan, seperti daerah resapan air yang di atasnya didirikan bangunan-bangunan besar.

“Kita ingin RTH dijadikan untuk ke resepan air bukan  kepentingan yang lain, sehingga hal ini kita sama-sama menjaga dan memelihara. Karena itulah saya ingin Banjarmasin secara konsisten mengejar 13 plus 17 persen untuk RTH sehingga apa yang dipersyaratkan dalam undang-undangan bisa dipenuhi, sehingga wilayah Banjarmasin yang dibawah permukaan air laut bisa dilaksanakan,’’ungkap Erwan Anshari.

Peringatan hari tata ruang yang mengambil thema ‘Green City for a  Better Life” dihaduli senam bersama kemudian dengan bersepeda menuju Lapangan Kamboja selanjutnya peluncuran peta hijau, penanaman pohon serta dialog dengan segenap warga mayarakat.

Ketua Panitia Hari Tata Ruang Pemko Banjarmasin Drs H Syaiful mengatakan program pembangunan kota yang berkelanjutan ini memang harus dilaksanakan. Apalagi kota Banjaramsin  sebagai kota hijau dengan pengolahan air yang baik. Hal ini juga menuntut peran serta dari masyarakat harus dilibatkan secara berkesinambungan.

Sebelun puncak peringatan hari tata ruang tahun 2012, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Tata Ruang, Cipta Karya dan Perumahan menyelenggarakan senam pagi bersama di halaman kantor walikota banjarmasin dilanjutkan dengan bersepeda bersama dengan menuju Lapangan Kamboja yang merupakan kawasan RTH.

.Pada kegiatan ini juga Wakil Walikota juga menyerahkan {{truck amroll}} kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang diterima Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Drh. H. Rusmin A dan pemasangan rompi oleh Wakil Walikota kepada 60 orang petugas  pengawas kebersihan.

Bahkan, dalam kesempatan ini juga Wakil Walikota HM Irwan Anshari juga meluncurkan peta komunitas hijau, dan juga menerima sumbangan berupa 486 pohon dari komunitas sepeda antik Banjarmasin serta dari masyarakat peduli pohon sebanyak 1000 pohon pinang.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada November 20, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: