Pengerjaan Siring Eks SMP Enam Dikebut

Banjarmasin, KP – Pengerjaan siring lanjutan program normalisasi sungai di kota Banjarmasin terus akan berlanjut. Bahkan dipastikan program  ini berjalan hingga sepanjang sungai Martapura. Untuk tahun ini, pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin dibantu dengan balai konservasi sungai dan rawa Kalsel sengaja focus untuk menyelesaikan lanjutan siring Tendean atau eks SMP enam.

“Meski sempat terkendala dengan proses pembebasan yang alot namun Pemko optimis pengerjaan dapat terselesaikan tahun ini. Tahun ini hanya bangun kontruksinya dulu, sehingga Desember ini mudah-mudahan selesai,”ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Drainase Kota Banjarmasin, Ir H Muryanta, kepada {[wartawan]}, di sela-sela menghadiri peringatan Ruang Terbuka Hijau di Lapangan Kamboja Banjarmasin, belum lama ini.

Menurutnya, pihaknya bersama dengan pemprov memang sengaja membagi pengerjaan siring tersebut. Hal itu karena agar pengerjaaan lebih focus serta menyesuaikan dengan anggaran yang disediakan.

“Kalau pengerjaannya, memang bertahap dan dibagi, pemprov kebagian untuk kontruksinya dan kita nanti yang akan melakukan finishingnya, seperti memasang keramik lantai, lantai refleksi, lampu, taman dll,”jelasnya.

Dikatakan lagi, sejauh ini memang 2 kilometer yang benar-benar dapat dinikmati. Sedangkan 140 meter atau totalkan sekitar 200 meter lagi yang harus baru akan dirampungkan tahun ini hingga 2013 nanti. “Dananya tahun ini dibantu oleh balai sungai juga yakni Rp 7, 2 miliar,”katanya.

Namun, katanya, tahun 2013 nanti, Pemko yang akan melakukan finishing. Untuk inipun, pemko telah memperkirakan anggaran sebesar Rp 8- 12 miliaran. “Karena kita akan bangun sarana akomodasi juga, seperti pelabuhan atau dermaga speedboat,”ucapnya lagi.

Selain itu, dengan dana tersebut pihaknya akan menyeleasikan 100 meter lagi siring hingga akhirnya menyatu dengan Jembatan Dewi. Bahkan kedepan, pihaknya memprogramkan untuk melanjutkan siring tersebut.

Dikatakan, memang rencana pihaknya ingin siring kembali dibangun mulai dari jembatan dewi hingga tembus ke jembatan pangeran antasari. Tidak hanya itu, dari sisi lainnya yakni darin jembatan merdeka juga akan dilanjutkan lagi,  mulai dari jembatan pasar lama hingga tembus ke kawasan sungai jingah.

“Makanya pembangunanya dilakukan bertahap dan kita berharap ada terus bantuan dari pemerintah pusat serta pemerintah provinsi,”demikian Muryanta.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada November 20, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: