Pembangunan Tiga Unit Rusunawa Masih Study Kelayakan

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin belum bisa memastikan kapan  kembali membangun tiga unit rumah susun sewa (rusunawa) yang rencananya akan dibangun di beberapa kecamatan di kota Banjarmasin. Karena sampai sekarang masih study kelayakan untuk lahan supaya tak ada tuduhan yang macem-macem di kemudian hari.

“Hingga saat ini masih belum pasti sebab saat ini kita masih melakukan studi kelayakan terhadap tiga lokasi yang dipilih untuk didirikan rusunawa nanti,”ujar Kepala Dinas Dinas Tata ruang, Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin, Ir H Ahmad  Fanani Syafudin, di sela-sela menghadiri penyambutan kedatangan haji, Sabtu (10/11).

Ketiga lokasi yang dilakukan studi kelayakan tersebut yakni Rawasari, lokasi Jalan Pramuka dan di kawasan KS Tubun. Bahkan ketiga lokasi tersebut dilakukan studi kelayakan untuk mengetahui kesesuaian wilayah dan peruntukan dengan rencana pembangunan jangka panjang pemkot Banjarmasin.

Jadi, katanya,  tujuan study kelayakan agar pembangunan Rusunawa di kawasan tersebut sesuai dengan peruntukannya ke depan dan lagi agar dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat setempat,jelas Fanani.

Selain itu, pihaknya ingin pembangunan Rusunawa itu tidak bertentangan dengan aturan dan hukum. Apalagi baru-baru ini telah diterbitkan aturan baru dalam melakukan pembebasan lahan yang harus mengacu pada Undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang pembebasan lahan untuk kepentingan public.

“Jadi kita saat ini memang harus hati-hati sebelum melakukan pembebasan apalagi pembangunan,”katanya.

Fanani menjelaskan, lahan untuk rusunawa harus sesuai dengan syarat, yakni minimal seluas 5 HA, selain itu lahan tersebut meruakan milik atau asset pemko meskipun sebumnya harus dilakukan pembebasan terlebih dahulu.

“Yang jelas kita menyediakan lahan dulu, sehingga jika nanti hasil studi kelayakan hasilnya bagus maka akan kita ajukan ke pemerintah pusat untuk pembangunannya,”ujarnya.

Menurutnya lagi, pembangunan rusunawa ini untuk memberikan kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga penghuninya pun harus warga setempat misalnya Banjarmasin timur saja, seperti di sekitar benua anyar dan sekitarnya yang hingga saat ini juga menunggu kepastian Rusunawa Timur dibangun.

“Karena ini juga untuk membantu warga sekitar kawasan tersebut untuk mendapatkan rumah yang layak huni dan sehat,”katanya.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada November 20, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: