Pemko Gagal Wujudkan Impian Warga Sungai Jelai

[] Pembangunan Jalan Bertentangan Aturan

Banjarmasin, KP – Upaya Pemerintah Kota Banjarmasin untuk mewujudkan jalan, warga masyarakat Sungai Jelai Kelurahan Mantuil Banjarmasin, dipastikan gagal. Sebab, proses penyerahan dana hibah sekitar Rp700 juta untuk membangun infrastruktur, dianggap menyalahi aturan.

“Setelah kita konsultasikan kepada pihak Departemen Keuangan, bahwa pihak pelaksana proyek itu, tidak boleh sama dalam dua kali pencairan,” ujar Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjarmasin, Madyan MSi, kepada {[wartawan]}, Kamis (11/10).

Menurut pria yang low profil ini, berdasarkan Peraturan Nomor 3 Tahun 2011, salah satunya disebutkan bahwa, proses penyaluran dana hibah pemerintah tidak dibolehkan kepada pihak yang sama, dalam dua kali penyaluran, sehingga pihak TNI MD tahun lalu sudah menerima program yang sama, maka tahun ini tidak bisa lagi, katanya.

Karena sebelumnya, pada tahun 2011, ujar Madyan, pihak TNI MD telah menerima penyaluran dana serupa, pada proyek dikawasan Jalan Geriliya Kelayan B Banjarmasin. Karena alasan tersebut, akhitnya program pembangunan di Jalan  Simpang Sungai Jelai Banjarmasin harus dibatalkan.

“Awalnya, pihak Pemko dan TNI, setelah melakukan penjajakan dan proses peninjauan kelokasi itu, pihak masyarakat juga menyambut baik rencana pembangunan tersebut, karena bisa membuka akses jalan baru dilingkungan mereka. Tetapi karena tidak bisa, kita tunda dulu hingga tahun 2013 nanti,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemko Banjarmasin menggandeng TNI Kodim 1007 untuk mempercepat pembangunan jalan darat kewilayah pinggiran Jalan Simpang Sungai Jelai Banjarmasin Selatan.

Bahkan, katanya, dalam program itu, Wali Kota Banjarmasin H Muhidin, mengungkapkan, Pemko akan menghibahkan anggaran APBD Perubahan Rp700 juta untuk pembangunan insprastruktur ke Sungai Jelai lewat program Karya Bakti TNI Terpadu (KBTT), untuk mempercepat proses pekerjaan.

“Jalan dasar yang akan dibangun di daerah itu rencananya sepanjang 1,5 kilometer, ditambah pembangunan 9 buah jembatan kecil. Dengan proses pengerjaan jalan secara gontong royong ini akan dikerjakan pada 1 Oktober nanti,’’demikian Wali Kota Banjarmasin H Muhidin.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 12, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: