Pemko Dapat Dana Pengembangan Pulau Insan

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin memperoleh bantuan dana sebesar Rp1 miliar dari Kementrian PU Pusat yang akan dialokasikan untuk pengembangan Pulau Insan, di Jaffri Zam-zam sebagai salah satu kawasan Ruang terbuka Hijau bagi Kota Banjarmasin.

“Alhamdullilah saat ini untuk pengembangnan kawasan terbuka hijau, Pemko Banjarmasin mendapatkan dana stimulant dari pemerintah pusat senilai Rp 1 Miliar,’’ungkap Kepala Dinas Tata Ruang, Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin, Ir H Fanani Syaifuddin,   kepada {[wartawan]}, di Banjaramsin, belum lama ini.

Menurut Fanani Syaifuddin, dana tersebut digunakan sebagai pengembangan kawasan strategis social budaya dan lingkungan dalam rangka memelihara dan melindungi sungai (RTH). “Memang program itu berjalan dengan dibantu Dinas Lain, untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi lebih bermanfaat,”ujar Fanani.

Bahkan, ujarnya, rencananya kawasan tersebut tidak hanya sebagai salah satu kawasan RTH kota karena dibangun taman dan berbagai fasilitasnya namun dikembangkan sebagai sarana ;public sekaligus wisata alam dalam kota.

Bahkan, katanya, dalam programnya nanti sungai yang ada dikembangkan lagi menjadi wisata terapung tengah kota atau pasar terapung buatan yang mengelilingi pulau insan tersebut.

Jadi, katanya, tidak hanya di Kuin saja sebagai wisata air, kedepan jika telah selesai juga lokasi  Zafri Zam-zam pun dapat dinikmati wisata alam sungai, dan ini akan dibantu oleh Dinas Sungai untuk melakukan penyiringan sungai.

Sedangkan gedung yang telah (eks Rumdin Wali Kota ) ada akan dibenahi dan dimanfaatkan pula. Karena rencananya, gedung terjadi dijadikan gedung pusat kegiatan masyarakat dengan harapan pembangun gedung tersebut dapat terealisasi paling lambat 2013 nanti.

“Kalau rencananya nanti akan menjadi gedung center kegiatan masyarakat dan gedung serba guna untuk kota Banjarmasin,”katanya.

Jadi, kataya, setelah kawasan Zafri Zam-Zam merupakan salah satu kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Banjarmasin dan sebagai kawasan RTH, yang  terpenting untuk wilayah ini, Pemerintah Daerah berencana membenahi Pusau Insan menjadi kawasan hijau yang juga merupakan daerah resapan air untuk Banjarmasin.

Karena, ujarnya, selain pemerintah ingin agar kawasan Pulau Insan yang selama ini terlihat terbengkalau lebih kelihatan indah dan dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai salah satu wisata alam sungai di tengah kota.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 12, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: