Kejaksaan Canangkan Banjarmasin 2013 Zona Bebas Korupsi

Banjarmasin, KP – Pihak Kejaksaan Negeri Bannjarmasin memasuki tahun 2012 kedepan menjadi zona bebas korupsi, untuk itulah kedepan diharapkan tak ada menemui  kasus tindak pidana apapaun di era pemerintahan Walikota H Muhidin.

Karena, sampai  saat ini memang, temuan kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri Banjarmasin pada umumnya hasil tindak lanjut temuan era kepemimpinan Walikota H Muhidin,  sehingga di tahun 2012 ini jumlah kasus yang ditangani Kejaksaan termasuk di wilayah Unlam dan beberapa instansi di Banjaramsin menc apai 15 kasus.

“Ya memang kasus tindak pidana korupsi ini, hasil tindak lanjut temuan era estapet kepemimpinan, sebelum-sebelumya sehingga, sehingga diharapkan  kedepan tak ada lagi dan pihak kejaksaan siap menjadi pendamping mulai dari perencaan pembangunan, lelang hingga pelaksaan di lapangan dalam mengerjakan semua kegiatan di Kota Banjarmasin,’’ungkap Kejari  Firdaus Dewilmar SH kepada [[wartawan]}, sebelum meninggalkan Aula Kayuh Baimabi Kota Banjarmasin, Kamis (11/11).

Pertimbangan Banjarmasin ditetapkan zona korupsi, karena antara Pemko dan Kejaksaan Negeri Banjarmasin saat ini menjadi mitra dan menjadi pendamping dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. Untuk itulah, dengan pola tersebut, tentu saja kinerja Pemko Banjaramsin akan terus mendapatkan pengawasan dari pihak kejakaan.

Selain itu Kajari juga mengatakan pencanangan bebas korupsi ini untuk melengkapi program peningkatan akuntabilitas seperti reformasi birokrasi, opini, audit atas laporan keuangan, dan penilaian inisiatif anti korupsi.

“Progam ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Salah satu indikatornya adalah indeks persepsi korupsi,” kata ujar  Firdaus Dewilmar

Dikatakan, berdasarkan hasil riset tranparency internasional (TI), nilai IPK Indonesia telah meningkat menjadi skor 3,0 dengan peringkat 100 pada tahun 2011. Dengan adanya zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, diharapkan dapat meningkatkan skor IPK Indonesia seperti Malaysia yang memiliki skor 4,3 peringkat 60 dan Thailand skor 3,4 peringkat 80, paparanya lagi.

Jadi, katanya, untuk meraih predikat wilayah bebas korupsi, salah satunya dilaksanakan talk show bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, sebagai upaya nyata berupa penandatangan pakta integritas pada saat pelantikan pejabat struktural, penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara, mengikuti penilaian inisiatif anti korupsi yang diselenggarkan KPK, telah memperoleh opini wajar tanpa pengecualian.

Walikota Banjarmasin H Muhidin mengatakan dengan ditetapkannya Banjarmasin sebagai zona bebas Korupsi 2013 mendatang pihaknya, juga telah melakukan kerjasama pemeriksana online dengan BPKP dan terus meningkatkan untuk kerjasama yang lebih baik.

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Oktober 12, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: