THR Wajib Diberikan Satu Minggu Sebelum Lebaran

[] Satu Kali Gaji Pokok Ditambah Tunjangan
 
Banjarmasin, KP – Meski masih awal bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri masih sekitar tiga minggu lagi, tetapi sejumlah orang terutama para karyawan dan pegawai perusahaan swasta sudah mulai ramai memperbincangkan dan mengharapkan, kapan Tunjangan Hari Raya (THR) dibayarkan para pekerja.
Terlebih, ditengah kondisi harga-harga barang kebutuhan pokok yang terus merangkak naik sehingga menjadikan masyarakat terus bertanya-tanya kapan Tunjangan Hari Raya dibayarkan.
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Drs H Syamsul Rizal, kepada {[wartawan]}, Kamis (19/8) mengungkapkan, THR wajib dibayarkan pada minimal satu minggu sebelum lebaran Idul Fitri 1431 Hijriah, dan itu berlaku bagi semua perusahaan swasta yang memiliki karyawan minimal 50 orang.
“Pembayaran THR pada tahun ini, sama seperti tahun lalu, yaitu diwajibkan dibayar pada minimal satu minggu sebelum lebaran Idul Fitri,” ujar Syamsul.
Dikatakannya, ketentuan pembayaran tersebut berdasarkan, Surat Keputusan Menteri dalam Negeri Nomor 14 tahun 1994 dan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003, tentang kewajiban perusahaan dan hak karyawan swasta untuk pendapatkan tunjangan lebaran.
Kemudian, terang Syamsul, untuk besaran jumlah yang harus dibayarkan perusahaan kepada para karyawan penerima THR yakni, untuk karyawan yang sudah memiliki masa kerja satu tahun hingga lebih, besarnya adalah satu kali gaji pokok dalam sebulan ditambah tunjangan.
Sedangkan bagi karyawan yang belum necapai masa kerja tersebut, besarannya adalah dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 dikali satu kali gaji pokok.
“Jadi antara karyawan yang telah bekerja satu tahun hingga lebih, jumlah THR yang diterima berbeda dengan mereka yang belum mencapai masa kerja satu tahun,” imbuhnya.
Sementara tambah Syamsul, untuk mempertegas ketentuan perusahaan untuk membayar kewajiban THR itu, pihaknya kini sedang mempersiapkan surat edaran yang akan diberikan kepada setiap pimpinan perusahaan didaerah itu, agar semua bisa mematuhinya.
“Kalau sekarang suratnya masih belum ditandatangani Walikota, tapi kemungkinan dua harti lagi surat itu sudah bisa kita sebarkan kepada pihak perusahaan,” demikian papar Syamsu Rizal
Salah seorang wartawan yang mengaku bernama Emir sangat berharap dengan dibayarkannya THR karena selama tunjangan hari raya tersebut memang sangat ditunggu-tunggu para karyawan karena paling tidak bisa membeli kebutuhan Lebaran untuk rumah tangganya.
Apalagi sekarang ini semua kebutuhan barang-barang pokok terus merangkah naik sehingga diharapkan dengan THR bisa membantu menutupi barang kebutuhan pokok bagi masyarakat yang selama ini sangat dinanrtikan, demikian Emir yang sangat berharap segera ada pembayaran THR.(vin)

Iklan

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Agustus 26, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: