Pengangguran di Banjarmasin Capai 31 Ribu Jiwa

Banjarmasin, KP – Sejak terjadinya pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada beberapa perusahaan kayu di ibu Kota Propinsi Kalimantan Selatan ini, peningkatan jumlah pengangguran semakin bertamah. Bahkan berdasarkan hasil surfei Sakernas (Satuan Kerja Nasional) jumlah pencari kerja di kota Banjarmasin mencapai 31 ribu jiwa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel H Kurdiansyah mengatakan, untuk kota Banjarmasin jumlah tersebut cenderung lebih besar dari kabupaten kota lain di Kalsel. Sebab dari 115 jiwa penganguran, sekitar 25 persennya terbanyak ditemukan di kota Banjarmasin.

“Saat ini jumlah persentasi penganguran sudah mencapai 25 persen ataua 31 ribu dari 115 ribu pencari kerja,”terang Kurdiansyah saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan, di Aula Pemko Banjarmasin, Jumat (14/5).

Bahkan, jumlah tersebut akan terus dapat bertambah jika masyarakat tidak bisa memanfaatkan peluang kerja karena minimnya keterampilan. Oleh karena itulah, perlu adanya peran aktif pemerintah untuk memotivasi mereka.

Melalui pertambahan jumlah pengangguran memang sampai sekarang ini Pemko Banjarmasin belum bisa berbuat hanyak. Namun yang dilakukan hanyalah memberikkan program pembinaan serta pelatihan ketrampilan agar mereka bisa termotivasi maju.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Drs H Syamsul Rizal mengatakan, tahun ini pemko Banjarmasin memang mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp 400 juta.

Anggaran tersebut digunakan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan agar bisa membuka peluang usaha atau bersaing di lapangan supaya mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan .

“Program berupa padat karya tersebut untuk membantu masyarakat agar bisa membuka peluang usaha tersendiri, tidka hanya itu, merepun dibekali dengan ketrampilan agar nanti dapat bersaing di dunia kerja,”ujar Samsul Rizal.

Dikatakannya, program ini diberikan kepada 112 orang yang terdiri dari BLK serta lembaga swasta untuk diserbakan di 5 kecamatan kota ini. Mereka juga akan mendapatkan pelatihan berupa otomotif, teknik komputer serta desain grafis.

Jadi, diharapkan program seperti ini dapat dilanjutkan ditahun depan karena ini sangta bagus untuk mempersiapkan tenaga kerja yang termapil dan siap saing, demikian harap Syamsul Rizal. (vin)

Iklan

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Mei 17, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: