DAK Pendidikan Kota Serap Rp19,1 Miliar Lebih

Banjarmasin, KP – Dana Alokasi Khusus bidang pendidikan yang diserap Kota Banjarmasin tahun anggaran 2009 sebesar Rp29,103 miliar yang ditargetkan untuk rehabilitasi sebanyak 259 ruang kelas, yang telah selesai dilakukan perbaikan.

“Jumlah dana DAK yang berhasil diserapkan Pemko Banjarmasin ini bersumber dari APBN sebesar Rp25,989 miliar dan dana pendamping (APBD) sebesar Rp3.114 miliar, yang dirambah  bantuan Swakelola, sekitar 300 kelas selesai diperbaiki,’’kata Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni Usman, Kamis (14/1).

Hal itu ditegaskan pucuk pimpinan Pemko Banjarmasin, pada  peresmian pemakaian gedung Sekolah Dasar yang telah direhabilitasi di  SDN Kelayan Timur 8 menyatakan, apresiasinya atas selesainya kegiatan rehabilitasi sejumlah gedung Sekolah Dasar Negeri dan Swasta yang selesai 90 hari kalender.

Khusus 101 sekolah yang menerima dana DAK di 5 Kecamatan setempat, Yudhi Wahyuni Usman, berharap dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan pendidikan, khususnya peningkatan mutu pendidikan.

Bahkan, ujarnya, prestasi bidang pendidikan di Kota Banjarmasin boleh dibilang cukup berhasil, terbukti beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kota Banjarmaisn mendapatkan penghargaan langsung wajib belajar 9 tahun dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, ujarnya, dari sisa ruang kelas yang masih perlu diperbaiki, sekitar kurang lebih 360 kelas atau 17% dari 2.117 ruang kelas yang tersebar di Kota Banjarmasin. Menyikapinya pihaknya berjanji di tahun 2010 harus melanjutkan perbaikannya, dengan demikian pihak Pemko akan terus mengupayakannya demi menciptakan suasana sekolah sebagai rumah kedua bagi para siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Noor Ipansyah menambahkan, dana DAK yang diserahkan kepada masing masing kepala sekolah, penggunaannya terus diawasi dan dipertanggung jawabkan.

“Karena ini merupakan dana DAK dengan Swakelola, maka setiap sekolah bertanggung jawab masing-masing, dan kami hanya membantu segi administrasinya saja,” demikian Kadis Pendidikan Drs H Nooripansyah.(vin).

Iklan

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Januari 14, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: