Pemko Turunkan Monitoring Harga Jelang Natal Tahun Baru

Tim monitoring saat melakukan tim monitoring hargaBanjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin dalam rangka menghadapi libur panjang natal dan tahun baru 1 januari 2010 menurunkan tim untuk melakukan monitoring peredaran barang Selasa (22/12).

Tim gabungan yang turun kali ini melakukan pemantauan menjadi sampel  di tiga tempat, mulai dari Macro di Jalan A .Yani Km 3.5, Ramayana sentra Antasari, dan Mini Market Tulip Kayutangi.

Kasubbag Sarana Produksi Daerah Bagain Kota Banjarmasin Dodi H mengatakan saat ini kita bersyukur karena dalam monitoring kali ini tidak banyak temuan, itu artinya sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin selama ini dinilai berhasil.

Kegitan monitoring ini sendiri merupakan rangkaian dari pembinaan tim terpadu beberapa instansi menjelang hari besar keagaamaan di pusat perbelanjaan yang menjadi tumpuan bagi masyarakat untuk membeli beberapa bahan pokok makanan.

Alasan dilakukan pemantauan di Macro yang baru pertama kali dilakukan monitoring hanya ditemukan salah satu produk kemasan kacang kedelai yang kotaknya rusak. Bahkan disampaikan Wahyu Store Manager Macro, produk yang rusak kemasannya ini hanya kesalahan Human Error, karena dari tim macro sendiri selalu melakukan pengecekan satu minggu sekali, apalagi menjelang hari besar agama, pengawasan terhadap barang lebih diperketat lagi karena menyangkut hajat orang banyak.

Khusus di lokasi berbeda di sentra antasari Ramayana hanya ditemukan beberapa produk susu kental manis yang kemasannya penyok. Bahkan walaupun monitoring kali ini hanya bersifat pembinaan dan tidak ada sanksi tetapi untuk pengelola diharapkan agar lebih memonitor barang barang yang dijualnya, serta diminta menandatangani berita acara penarikan produk barang-barang yang dijual.

Untuk itu kepada seluruh warga kota Banjarmasin diharapkan teliti sebelum.Membeli barang. Jangan tergiur dengan bahan pangan yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga normal.

Khusu untuk produk kosmetik dan obat-obatan, tanyakan langsung kepada penjualnya apakah produk yang ditawarkannya aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, dan apakah terdaftar di balai pom. Perhatikan expired date dan  kemasannya.

Karena berdasarkan aturan setiap jenis barang baik makanan maupunkosmetik memiliki batas waktu kadaluarsa. Sebelum. Batas waktu hendaknya ditarik dari pasaran dan diharapkan pedagang tidak menjual barang yang sudah kadaluarsa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tjm gabungan yang melakukan monitoring seperti pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha meliputi  bagian ekonomi, bagian hukum, bagian humas, bersama Dinas Kesehatan, petugas balai pom, lembaga perlindungan konsumen dan satpol pp Kota Bajarmasin serta bagian Humas.(vin)

Iklan

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Desember 22, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: