Dinas Pendidikan Banjarmasin Persiapkan PSB Online

[] SMPN Tampung 6.336, SMU 2.052 dan SMK 936 Siswa

Banjarmasin, KP – Pihak Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menggelar pelatihan operator Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online dengan menggelar pelatihan seluruh operator SMP dan SMU-SMK se Kota Banjarmasin yang akan diselenggarakan serempak mulai 21-24 April mendatang.

Kegiatan pelatihan yang diikuti masing-masing sekolah dua operator dari kepanitian  penerimaan siswa baru SMP, SMU, dan SMK tersebut selain diberikan bekal pengetahuan sistim penerimaan siswa yang baru yang sudah memasuki empat tahun berjalan.

“Pelatihan ini untuk menyamaikan para operator panitia PSB Oline agar pada saat pelaksanaan berjalan dengan lancar dan aman,’’ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs H Noor Ipansyah kepada {[wartawan]}, di Banjarmasin, Selasa (15/6).

Masih menurut Ipansyah, penerimaan siswa baru tahin ini tidak berbeda dengan sistim online tahun sebelumnya, hanya saja perbedaan penerimaan siswa baru pada tahun ada sejumlah sekolah baik di SMP dan SMU sudah melakukan penerimaan secara mandiri karena sekolah tersebut bertarap internasional.

Jadi, katanya, Dinas Pendidikan sekarang ini kembali bersama pihak sekolah mempersiapkan  tahapan Penerimaan Siswa Baru (PSB) baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Bahkan sesuai rencana semula PSB ini akan dilaksanakan serentak yang akan dimulai tanggal 21 Juni hingga 24 Juni, kata Noor Ipansyah yang didampingi Ketua PSB Online Drs H Metroyadie.

Diakui memang jumlah kuota dari 32 SMP yang akan menampung ditampung sebanyak 6.336 siswa  dan 11 Sekolah Menengah Umum akan menampung 2.052 orang, serta tiga SMK akan menampung 936 siswa.

“Terus terang memang hasil UABN SD, nilai yang dihasikan pada umumnya  jatuh pada matapelajaran matematikan dimana kedepan nilai ini harus lebih baik. Namun demikian secara umum jika jumlahnya nilai secara keseluruhan kalau dirata-rata mengalami peningkatkan 6,82 dan target 2011 menjadi 7,11,’’papar Ipan.

Meski secara serentak, namun pelaksanaan PSB tahun ini akan sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Sebab, untuk tingkat SD tidak menggunakan lagi sistem rayon seperti tahun sebelunya, sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA yang dilakukan dengan sistem online dengan memberikan batasan pilihan.

“Kita berikan batasan pilihan, terutama untuk tingkat SMA dan SMK,”ujarnya.

Untuk tingkat SMP, papar Ipan, tahun ini hanya diberikan dua pilihan sekolah saja. Namun tingkat SMA diberikan tiga pilihan. Tiga pilihan tersebut tidak boleh silang atau berbeda.

“Misalnya, pilihan 1 dan 2 SMA maka pilihan ke-3nya harus SMA pula, demikian juga untuk SMK maka pilihan 1,2 dan 3 harus SMK juga, jadi tidak seperti tahun lalu dimana boleh pilihan 1 dan 2 SMA kemudian pilihan ke3 SMK,”terangnya.

Lebih jauh, Ipan menjelaskan, PSB untuk tingkat SMP dan SMU sama seperti tahun lalu menggunakan sistem online. Tak hanya itu IPan juga memastikan dalam PSB ini untuk sekolah negeri sama sekali tidak dilakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun alias gratis.

Khusus menjawab pertanyaan {[wartawan}}, tentang penarikan sumbangan untuk SMP dan  SMA baru, menurut Ipansyah, diperbolehkan dilakukan pihak sekolah setelah siswa yang bersangkutan resmi tedaftar di sekolah tersebut.

“Sama seperti tahun lalu tidak ada pungutan apapun saat PSB dilakukan. Karena semuanya ditanggung Pemerintah Daerah,’’demikian Kadis Pendidikan H Noor Ipansyah.(vin)

~ oleh Narti Kalimantan Post pada Juni 15, 2010.

Satu Tanggapan to “Dinas Pendidikan Banjarmasin Persiapkan PSB Online”

  1. kapan PSB on line nya di laksanakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: